Fisipol UGM Sambut Mahasiswa Baru Angkatan 2018

Yogyakarta, 4 Agustus 2018—Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa disebut PPSMB merupakan kegiatan awal yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada. Rangkaian PPSMB berlangsung selama satu minggu yang dimulai pada hari Senin (6/8) hingga Sabtu (11/8) yang terdiri dari PPSMB Universitas atau PALAPA, PPSMB Fakultas, PPSMB Departemen dan PPSMB Softskill. PPSMB Fakultas dan Departemen dilaksanakan pada hari ke-3 dan ke-4 di masing – masing Fakultas dan Departemen. Sebelum mengikuti rangkaian PPSMB, mahasiswa baru mengikuti pengarahan PPSMB terlebih dahulu pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018.

Pengarahan PPSMB ini bertujuan memberikan pengarahan pada mahasiswa baru mengenai atribut dan penugasan yang harus dikerjakan dan dikenakan pada saat PPSMB berlangsung, penyampaian tata tertib selama PPSMB Fakultas dan Departemen berlangsung dan pengenalan tentang PPSMB Fakultas ISIPOL yang kerap disebut PPSMB Society serta pengenalan PPSMB pada masing – masing Departemen.

Pada pembukaan acara pengarahan PPSMB, Adrian Paanday Dosinaen, Mahasiswa S1  International Undergraduate Program Manajemen Kebijakan Publik, sebagai koordinator umum  PPSMB SOCIETY 2018 memberikan sambutan serta mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru karena telah berhasil menjadi bagian dari Fakultas ISIPOL. Adrian pun menyampaikan pula bahwa mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada akan disapa sebagai Gamada atau Gadjah Mada Muda.

“PPSMB nantinya akan berlangsung seru dan tidak kaku, jadi teman – teman tidak perlu takut mengikuti rangkaian kegiatan PPSMB nanti. Tetap dijaga semangatnya, dijaga kesehatannya, kita senang – senang bersama, bahagia bersama. Sampai bertemu di hari PPSMB nanti, Have Fun, Gamada!” tutur Adrian.

Selanjutnya, sesi pembekalan diisi oleh Eka Zuni Lusi Astuti, S.Sos., M.A, Dosen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM  selaku koordinator gugus PPSMB FISIPOL. Ia menyampaikan bahwa dalam rangkaian kegiatan PPSMB Society tidak terdapat kekerasan fisik maupun psikis, tidak terdapat pelecehan seksual dan harapannya PPSMB Society memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa baru maupun seluruh penitia pelaksana PPSMB. Ia menegaskan pula kepada Gamada bahwa dalam rangkaian kegiatan PPSMB ini terdapat tata tertib yang perlu dipatuhi bersama oleh seluruh panitia dan mahasiswa baru.

“Terdapat tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh panitia maupun mahasiswa baru, tata tertib inilah yang menjadi dasar agar PPSMB Society berjalan lancar dan memberikan manfaat. Saya sangat terbuka pada kalian, siapapun berhak melaporkan kepada saya apabila terjadi pelanggaran,” tegas Lusi pada saat mengisi sesi pembekalan.

Tidak lupa pula, Lusi memberikan semangat dan berharap agar mahasiswa baru berusaha semaksimal mungkin agar selalu hadir dalam rangkaian PPSMB karena presensi kehadiran merupakan salah satu indikator penilaian kelulusan PPSMB. “Saya berharap, teman – teman selalu mengusahakan untuk hadir dalam setiap rangkaian PPSMB, apabila teman – teman masih sanggup hadir walaupun dalam keadaan sakit, usahakanlah hadir. Namun, sampaikan kepada tim medis agar diberikan perhatian khusus,” papar Lusi.

Keceriaan pada saat pengarahan PPSMB meledak saat seluruh panitia dan mahasiswa baru bernyanyi dan berjoget Jingle PPSMB Society 2018. Sebanyak 568 mahasiswa baru beserta 60 panitia berdiri dan memenuhi Selasar Barat FISIPOL. Menurut Adrian, sesi tersebut merupakan sebuah bukti bahwa PPSMB bukanlah kegiatan yang menakutkan melainkan sebuah kegiatan yang merekatkan keakraban antar mahasiswa.

“Joget dan menyanyikan jingle menjadi salah satu sesi yang dirancang untuk memecahkan ketegangan mahasiswa baru. Jelas saja mereka tegang karena ini adalah pengalaman pertama mereka, pasti ada lah perasaan gugup – gugup grogi gitu. Apalagi momen inagurasi besok, aku yakin akan lebih meledakkan keceriaan kita semua,” tutur Adrian.

Rangkaian PPSMB Society disusun semenarik mungkin dan dirancang sebagai ajang untuk mahasiswa baru mengenal FISIPOL lebih jauh, sebagaimana yang dikatakan oleh Adrian. Mahasiswa baru juga didampingi oleh tim pemandu dalam pelaksanaan kegiatan pengarahan PPSMB. Tim pemandu inilah yang mentransfer materi PPSMB kepada mahasiswa baru, tepatnya pada saat sesi kepemanduan.

Setelah sesi kepemanduan, mahasiswa baru diarahkan oleh panitia PPSMB Departemen ke tiap departemen. Mereka akan diberikan pengarahan sama seperti pada PPSMB Society. Pengarahan PPSMB Fakultas dan Departemen ditutup dengan mobilisasi mahasiswa baru menuju Gedung Grha Sabha Pramana untuk mengikuti pengarahan PPSMB Universitas atau Palapa. (/Pnm)

 

«     |      »