Monday, 12 February 2018
Hibah Riset, Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa dalam Riset, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat

 

Hibah riset Fisipol kembali hadir tahun ini. Guna menyambut antusiasme yang tinggi dari mahasiswa Fisipol, Unit Hibah Riset, Publikasi, dan Pengabdian Mahasiswa Fisipol menyelenggarakan kegiatan bertajuk Sharing Session Hibah Riset Mahasiswa. Acara ini dilaksanakan pada Kamis (08/02) di Ruang BA 113 Fisipol UGM.

Hibah riset Fisipol 2018 memiliki dua variasi hibah, yaitu hibah penelitian dan hibah hilirisasi output penelitian. Secara lebih spesifik, hibah penelitian terdiri dari hibah kolaboratif dan hibah mahasiswa. Hibah mahasiswa sendiri dikategorisasi menjadi empat kelompok, yaitu mahasiswa S1 Fisipol UGM, mahasiswa S2 Fisipol UGM, mahasiswa S3 Fisipol UGM, dan kelompok mahasiswa.

Tertarik mengikuti hibah riset Fisipol 2018? Catat dan simak informasi berikut!

  • Persyaratan

Untuk kategori mahasiswa S1-S3, syarat yang harus dipenuhi adalah  proposal, curiculum vitae (CV), dan surat kesediaan dosen pembimbing. Khusus untuk mahasiswa S1, dibutuhkan bukti KRS skripsi sebagai syarat lainnya.

Sedangkan pada kategori hibah kelompok mahasiswa, peserta hibah riset harus turut melampirkan Rencana Anggaran Belanja (RAB), surat kesediaan ketua, dan surat kesediaan anggota.

  • Keanggotaan Hibah Kelompok Mahasiswa

Kelompok mahasiswa tersusun dari minimal tiga mahasiswa/i.  Susunan dari orang-peroang dalam kategori ini merupakan kolaborasi dari beberapa departemen di Fisipol atau fakultas lain. Dengan minimal terdiri dari mahasiswa tiga departemen Fisipol atau dua departemen ditambah satu fakultas lain.

  • Anggaran
  1. Untuk kategori mahasiswa S1, terdapat 24 paket anggaran sejumlah Rp 5.000.000,00 dengan rincian empat mahasiswa per departemen.
  2. Kategori mahasiswa S2 mendapat 21 paket dengan jumlah Rp 7.000.000.,00 (termasuk honor dosen pembimbing Rp 2.000.000,00) dengan rincian tiga mahasiswa yang akan diambil dari tiap program studi.
  3. Terdapat 12 paket dengan jumlah Rp 10.000.000,00 tiap paket (termasuk honor dosen pembimbing Rp 2.000.000,00) untuk kategori S3. Ke-12 paket tersebut akan dibagi dengan rincian tiga mahasiswa per program studi.
  4. Lalu untuk kelompok mahasiswa, akan mendapatkan hibah sejumlah Rp 10.000.000,00 (termasuk honor pembimbing Rp 1.000.000,00) dengan  total lima paket.
  • Tema Prioritas Riset

Pada hibah riset 2018, tema riset yang berkaitan dengan isu strategis dalam merespon persoalan dalam tataran nasional dan internasional saat ini dan memiliki orientasi problem solving menjadi tema prioritas. Selain itu, tema-tema riset yang berkaitan dengan antisipasi permasalahan ke depan, dengan membekali mahasiswa keahlian dan pengetahuan yang diperlukan dan berkontribusi pada knowledge generating juga menjadi tema prioritas. Tema selanjutnya adalah tema-tema yang dapat menjadi basis guna mendapat sumber pendanaan riset dari pihak ketiga. Lalu juga tema riset yang mendorong “branding” Fisipol serta menjadi rujukan decision maker ataupun akademisi.

  • Alur Hibah Riset

Sejak tahun  lalu, sebagai bentuk komitmen untuk mempermudah peserta, Fisipol meluncurkan portal daring hibah riset. Melalui hibahriset.fisipol.ugm.ac.id , semua proses pendaftaran dan unggah data dilakukan.

  • Kriteria Penilaian (Khusus Kelompok Mahasiswa)

Dalam menentukan karya peserta yang berhak lolos dan mendapat hibah, berikut kriteria yang digunakan sebagai acuan:

  1. Relevansi riset bagi upaya penyelesaian persoalan sosial politik (dengan bobot penilaian sebesar 25%)
  2. Memiliki refleksi karakter lintas departemen/fakultas (30%)
  3. Relevansi riset bagi pengembangan keilmuan (25%)
  4. Kebaruan dan orisinalitas (20%)

Berbeda dari kategori mahasiswa S1,S2, dan S3 yang akan diseleksi pada departemen masing-masing, penilaian kelompok mahasiswa akan dilakukan oleh reviewer dengan sistem blind reviewer.

Hal-hal tersebut merupakan hal yang harus diperhatikan sebagai bekal untuk mengikuti Hibah Riset Fisipol 2018.

Jadi, sudah siap menjadi pemenang Hibah Riset Fisipol 2018? (/fkm)