Monday, 10 April 2017
Mengulik Sekolah Pascasarjana Kebijakan Sosial di University of Birmingham

Representatif University of Birmingham, Professor Barbara Fawcett hadir ke Fisipol UGM memberikan informasi khususnya mengenai program pascasarjana di bidang kebijakan sosial dan pekerjaan sosial. Beliau sudah berpengalaman selama 13 tahun pada bidang pekerja sosial. Info session diadakan di Gedung BA Ruang 101 pukul 09.00-10.00 WIB bekerjasama dengan Global Engagement Office.

Universitas Birmingham terletak di kota Birmingham, Inggris, lebih tepatnya di Edgbaston dan Selly Oak. Birmingham City University terletak di Birmingham, West Midlands. Universitas dengan sejarah panjang yang berdiri sejak tahun 1843. Saat ini kurang lebih ada 300 jurusan yang ditawarkan di sini. Jurusan-jurusan tersebut terdaftar di Fakultas Teknologi, Inovasi dan Pengembangan, Fakultas Pendidikan, Hukum dan Ilmu Sosial dan Fakultas Kinerja, Media dan Bahasa Inggris. Riset-riset di universitas difokuskan pada bidang seni dan humaniora dan ilmu sosial. Saat ini ada 20.000 mahasiswa terdaftar di universitas ini. Mereka berasal dari berbagai negara di dunia.

School of Social Policy, University of Birmingham merupakan salah satu fakultas yang memiliki misi untuk memahami dan mengubah dunia. School of Social Policy, University of Birmingham menjadikan penelitian sebagai titik awal pengajaran, pelatihan professional dan saran kebijakan bagi masyarakat. University of Birmingham menyediakan fasilitas yang akan mendukung kegiatan belajar seperti layanan penasihat siswa internasional, personal and welfare tutors, unit bahasa Inggris untuk mahasiswa internasional, layanan konseling, kantor urusan akademik dan kemahasiswaan, dewan mahasiswa, ruang doa dan career centre.

Apa itu jurusan social policy? Di jurusan ini mahasiswa akan diajak untuk menanggapi masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat. Mempelajari kebijakan publik - semua kebijakan pemerintah, kebijakan sosial - masalah mutu hidup yang mempengaruhi kesejahteraan warga. Social policy juga akan menggunakan perspektif dari ilmu lain seperti ekonomi, sosiologi, psikologi, geografi, sejarah, filsafat dan ilmu politik.

Undergraduate Bachelor Social Policy, di dua tahun pertama mahasiswa akan mempelajari dua modul yang berkaitan dengan analisis kebijakan dan metode penelitian sosial. Pilihan modul yang ditawarkan antara lain:

  1. Teori Sosial dan Kebijakan Sosial
  2. Komparasi Kebijakan Sosial
  3. Kesetaraan dan Keberagaman
  4. Sistem Peradilan Pidana
  5. Kemiskinan, Kekayaan, dan Ketimpangan
  6. Sektor Ketiga dan Usaha Sosial
  7. Perumahan dan Komunitas

Pada tahun ketiga mengerjakan extended essay atau disertasi. Disertasi (40 kredit) sebagai core module terdiri dari empat pilihan modul dan extended essay (20 kredit) terdiri dari lima pilihan modul. Pilihan modul terdiri dari:

  1. Prospects for Social Policy
  2. Migration and Super Diversity
  3. Doing or Not Doing God
  4. From Beveridge to May
  5. Your Money and Your Life
  6. Harmful Societies

Tahun kedua, modul utama dari Bachelor Policy, Politics and Economics adalah Isu Global: Perspektif dari Kebijakan, Politik dan Ekonomi dan ditambah datu modul dari kebijakan sosial, politik dan ekonomi. Pilihan modul yang ditawarkan pada program ini ialah:

  1. Comparative European Government
  2. Business Law
  3. Crime, Victims and Society
  4. New Migration and Superdiversity
  5. International Politics of East Asia

Pada tahun ketiga, mahasiswa Bachelor Policy, Politics and Economics yang pilihan modul terdiri dari:

  1. Employment and Business Development and Policy in the EU
  2. International Ethics
  3. Gender in World Politics
  4. Knowledge, Innovation and Global Business
  5. Politics and The Media

Postgraduate Courses yang paling popular di School of Social Policy antara lain MA Social Policy, MA Migration, Superdiversity and Policy, MA Social Research (Social Policy or Social Work and Professional Practice), MSc Public Management dan MA Policy Into Practice. Lulusan social policy ini nantinya akan berkecimpung di bidang-bidang strategis seperti manajemen pengembangan, human resources, non-governmental organization, hubungan internasional, perumahan, manajemen, peneliti sosial, pendidikan dan pemerintahan. (/dbr)

 

Public Policy Management

DEPARTEMEN