Friday, 12 May 2017
Tips Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Setiap tahunnya Universitas Gadjah Mada (UGM) meluluskan mahasiswa program sarjana dan vokasi dalam 4 periode kelulusan yaitu Bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Namun dengan kelulusan tersebut, masih terdapat tantangan dan keputusan yang diambil terkait dengan pembangunan karir diri. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM sadar akan pentingnya hal tersebut, dengan demikian bekerja sama dengan Career Development Center (CDC) dan Eureka Consultant untuk mengadakan pelatihan terkait pencarian pekerjaan dan pengembangan karir bagi mahasiswa yang akan lulus periode Mei.

“Life is all about taking choices” mengutip perkataan Challida N. Hikmarani, SIP., MA. selaku kepala CDC FISIPOL UGM dalam menanggapi pentingnya memikirkan setiap keputusan yang akan diambil mengingat keputusan sekecil apapun akan berdampak pada hidup seseorang. Perkataan tersebut menjadi semangat bagi 26 calon wisudawan Fisipol yang mengikuti Job Hunting Training ini. Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 9 Mei pukul 09.00 – 16.00 WIB di Gedung BA Lantai 2 Ruang 204 Fisipol UGM.

Pelatihan ini dibuka dari pihak Eureka Consultant, dengan Mohammad Genta Mahardika, SE, MBA sebagai perwakilan yang menjadi narasumber pada pelatihan ini. Genta menjelaskan untuk menentukan pilihan akan bekerja sebagai apa dan dimana, penting untuk mengetahui apa saja passion atau minat yang dimiliki oleh seseorang. Setelah para calon wisudawan menuliskan minat apa saja yang mereka miliki, narasumber meminta kepada mahasiswa untuk memisahkan minat apa saja yang dapat serius ditekuni dengan minat yang hanya dijadikan sebagai hobi untuk melepas penat saja. Selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya adalah sumber penghasilan. Narasumber menjelaskan bahwa terdapat empat jenis pekerjaan berdasar sumber penghasilan dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing, yaitu karyawan, pekerja lepas, pemilik usaha, dan investor.

Setelah para mahasiswa telah memiliki gambaran pekerjaan apa yang ingin ditekuni, pelatihan dilanjutkan dengan penjelasan motivasi dan sektor-sektor pekerjaan apa saja yang ada oleh pihak CDC Fisipol UGM. Terdapat 4 motivasi utama seseorang ingin bekerja yaitu rasa bangga, uang, perkembangan, dan kekuasaan. Namun keempat motivasi tersebut memiliki satu kesamaan yaitu semuanya ingin adanya perubahan yang berarti bagi orang yang melamar suatu pekerjaan.

Tidak ketinggalan juga dibahas mengenai dimana atau sektor pekerjaan apa saja yang dapat dijadikan tujuan oleh para calon wisudawan. Terdapat beberapa sektor pekerjaan seperti sektor publik, sektor swasta, LSM (lembaga swadaya masyarakat) , wirausaha, dan melanjutkan pendidikan pascasarjana bagi yang ingin mendalami studi yang telah didapatkan pada perkuliahan program sarjana.

Untuk topik pembahasan di atas, calon wisudawan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil lalu melakukan FGD (focus group discussion) membahas keunggulan dan kekurangan yang didapatkan jika bekerja di sektor-sektor tersebut dan persiapan apa saja yang diperlukan. Tujuan FGD ini adalah agar mahasiswa menjadi lebih rasional dalam memilih suatu pekerjaan, tidak hanya berdasarkan dasar kesukaan pribadi saja sehingga mempertimbangkan faktor-faktor dan masukan-masukan lain.

Menariknya CDC Fisipol UGM menyatakan bahwa jumlah keterbukaan calon tenaga kerja itu lebih banyak daripada calon pelamar kerja, sehingga penting bagi seseorang untuk memiliki relasi serta mencari informasi mengenai tempat kerja dari situs internet seperti Qerja.com ataupun Kaskus. Setelah istirahat makan siang, sesi kedua dilanjutkan dengan membahas pembuatan CV (curriculum vitae) yang bagus itu seperti apa dan untuk sektor-sektor pekerjaan tertentu terdapat jenis CV yang berbeda. Selain itu dalam job hunting training diajarkan proses pembuatan motivation letter dan kemampuan dalam wawancara juga menjadi topik pelatihan penting yang dibahas bersama. (/ojk)

Public Policy Management

DEPARTEMEN