Sebagai universitas bertaraf internasional, FISIPOL UGM menawarkan kurikulum program pascasarjana yang terpadu. Adapun lama pembelajaran masing-masing program adalah sebagai berikut : 

Hubungan Internasional

Perkuliahan dilaksanakan dengan mengacu pada program SKS, untuk S1 dengan masa studi 4 tahun, untuk S2 diperkenankan mengambil 45 SKS dengan masa studi 2 tahun. Perkuliahan dilaksanakan di dalam kelas dengan tutorial, workshop dan seminar, diskusi, dan juga di luar kelas (workshop dan seminar, diskusi) dengan beberapa program kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Ilmu Komunikasi

Mahasiswa harus menyelesaikan 39 SKS perkuliahan + 6 SKS penulisan tesis dalam 4 (empat) semester. Kegiatan perkuliahan untuk satu mata kuliah dalam satu semester adalah 3 (tiga) SKS dan mencakup 16 (senam belas) kali pertemuan termasuk alokasi ujian. Penulisan tesis pada semester IV.

Sosiologi

Perkuliahann S2 dilakukan selama 3 (tiga) semester perkuliahan dan 1 (satu) semester pengambilan tesis, atau mengambil perkuliahan 2 (dua) semester teori dan 2 (dua) semester tesis, dengan total kredit sebanyak 45 SKS. Sedangkan untuk program S3 pembelajaran dilakukan selama 3 (tiga) tahun dengan 2 (dua) semester pengambilan teori.

Manajemen Kebijakan Publik

Lama studi 4 (empat) semester. Beban studi sebanyak 45 SKS terdiri atas 36 SKS teori dan 9 SKS penulisan tesis. Teori disampaikan melalui perkuliahan di kelas selama 3 (tiga) semster dengan skema semester 1: 15 SKS, semester 2: 15 SKS, dan semester 3: 6 SKS serta ditambah 9 SKS untuk tesis.

Ilmu Politik dan Pemerintahan

Dalam lingkup pengajaran dan kurikulum, bagi peserta yang berpendidikan magister (S2) sebidang beban studinya adalah 40 (empat puluh) SKS yang dijadwalkan untuk dapat diselesaikan dalam 6 semester. Sedangkan beban studi program doctor (S3) bagi pesertayang berpendidikan magister (S2) tidak sebidang adalah 52 (lima puluh dua) SKS yang dijadwalkan untuk dapat diselesaikan dalam 6 semester.

Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Program ini dirancang selesai 3 (tiga) semester atau 18 (delapan belas) bulan. Dua semester untuk pendalaman realitas masalah sosial, konsep, teori dan paradigma di bidang pembangunan sosail dan kesejahteraan, satu semester untuk pembimbingan dan penulisan tesis. Total SKS sebanyak 45 SKS.

Magister Administrasi Publik

Penyelenggaraan kurikulim MAP FISIPOL UGM menggunakan system semester Adapun jumlah mata kuliah yang diambil selama program berlangsung adalah 48 SKS termasuk tesis. 

Public Policy Management

DEPARTEMEN