Untuk program sarjana terdapat beberapa jalur masuk di antaranya :

a.    Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih. Biaya seleksi ditanggung pemerintah, shingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi

b.     Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

SBMPTN merupakan pola penerimaan berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasiional. Sebagian biaya pendaftaran ditanggung pendaftar. Informasi lebih lanjut terkait SBMPTN dapat diakses di http://www.sbmptn.or.id

c.     Penulusuran Bibit Unggul (PBU) Sarjana

Penelususran Bibit Unggul UGM merupakan pola selsksi berdasarkan prestasi di bidang akademik dan non akademik. Pola ini bertujuan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK untuk mengikuti seleksi dnegan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarja. Adapun seleksi Penelusuran Bibit Unggul yang diselenggarakan oleh UGM adalah :

 -       Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

PBUTM merupakan bentuk kepedulian terhadap siswa dengna kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 8 (delapan) semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

-       Penulusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

 PBUB diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

 -       Penelusuran Bibit Unggul Olahraga dan Seni (PBOS)

 PBOS diperuntukkan bagi siswa pemenang di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional.

 -       Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

PBUK diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perushaan melalui program kemitraan yang ditunjukkan dengan adanya naskah perjanjian kerjasama.

d.     Ujian Tulis (UTUL) UM UGM

Ujian Tulis UM UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oelh UGM. Pola ini memberikan kesempatan kepada peserta lulusan SMA/SMK/MA/MAK untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana.

e.     Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)

Seleksi Program Internasional merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM

Untuk mekanisme ketentuan, persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat dicek pada laman resmi penerimaaan mahasiswa baru  http://um.ugm.ac.id.

 

 

Public Policy Management

DEPARTEMEN