DIES NATALIS KE-62 FISIPOL UGM

“TRUTS BUILDING IN DIGITAL REVOLUTION”

 

PENGANTAR

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (FISIPOL UGM) akan memasuki usia yang ke-62 tahun pada 19 September 2017. Memasuki usia 62 tahun, FISIPOL UGM semakin menguatkan posisi sebagai institusi pendidikan yang berbasis pada penelitian mutakhir dan berorientasi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sebagaimana visi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terlebih pada era revolusi digital saat ini, posisi FISIPOL UGM semakin dibutuhkan.

 

Revolusi digital yang terjadi di Indonesia ditandai dengan sejumlah hal seperti penetrasi telepon pintar yang tinggi, pesatnya inovasi maupun investasi di teknologi baru pada berbagai bidang (misalnya sektor sosial dengan jejaring sosial online, politik dengan e-goverment, ekonomi dengan uang digital, budaya dengan ekspresi kultural secara digital, media dengan konvergensi teknologinya), bebasnya arus perpindahan kapital, dan terbarukannya persepsi sebagai sebuah masyarakat lokal sekaligus global melalui teknologi digital. Secara umum, perkembangan teknologi digital telah mengubah tak hanya bagaimana masyarakat bekerja dan menjalani hidup namun juga berinteraksi satu sama lain.

 

Tak terelakkannya revolusi digital bagaimana pun perlu diikuti dengan revolusi kepercayaan. Jauh sebelum penetrasi teknologi informasi dan komunikasi saat ini, terakhir tingkat kepercayaan masyarakat di antara sesamanya maupun terhadap lembaga-lembaga pemerintah, LSM, swasta, dan media pers di Indonesia maupun dunia terus menurun. Revolusi digital dipandang sebagai peluang sekaligus hambatan untuk situasi tersebut. Sebagai sebuah peluang, revolusi digital dianggap mampu memperkuat kembali kepercayaan di antara berbagai elemen masyarakat tersebut dan bahkan menguji kekuatan kepercayaan itu. Pendapat lain menyebut revolusi digital justru semakin mengikis kepercayaan di antara anggota masyarakat. Situasi terakhir tentu saja berbahaya bagi kelangsungan bangsa dan negara sebab kepercayaan merupakan elemen pembentuk modal sosial yang amat dibutuhkan untuk pembangunan.

 

Mengingat pentingnya membangun kepercayaan di era revolusi digital, FISIPOL UGM mengangkat topik tersebut untuk Dies Natalis ke-62. FISIPOL UGM meyakini bahwa penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat oleh FISIPOL UGM dapat mendorong terbangunnya rasa saling percaya dan menguatnya modal sosial pada era revolusi digital. Oleh karena itu Dies Natalis ke-62 menjadi ajang bagi FISIPOL UGM untuk menampilkan karya-karya ilmiah maupun manfaat pengabdian masyarakat yang turut memfasilitasi akselerasi pembangunan rasa saling percaya di era tersebut sekaligus mendidik para cendekia muda mengenai pentingnya membangun kepercayaan di era digital. Dies Natalis kali ini juga akan menandai momentum penguatan peran FISIPOL UGM di era revolusi Digital.

 

Dies Natalis FISIPOL UGM ke-62 akan terdiri dari sejumlah kegiatan yang memiliki beragam publik yaitu mahasiswa, dosen, staf karyawan, alumni, pensiunan dosen dan staf, siswa-siswi SMA di DIY, dan akademisi sosial-politik dari seluruh Indonesia. Pelibatan seluruh unsur tersebut dirasakan penting bagi FISIPOL UGM sebab kesuksesan FISIPOL UGM dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak terlepas dari peran serta mereka.



JADWAL PENYELENGGARAAN KEGIATAN

SEPTEMBER 2017

OKTOBER 2017

NOVEMBER 2017

DESEMBER 2017

ANJANGSANA


19 September

LAUNCHING


Minggu Kedua & Ketiga

POR FISIPOL & FISIPOL RUN


24 September

FAMILY GATHERING, FISIPIT



26-30 September

FISIPOL ART DAYS




-

3, 10, 17, 19, 25 November

YOUTH JOURNALIST MOVEMENT


17 November, SANSIRO NIGHT FESTIVAL


22, 23, 24 November

KAMPUNG SOSPOL



24 & 25 November

SEMINAR NASIONAL

15/16 Desember

TEMU ALUMNI


15/16 Desember

MALAM PUNCAK DIES NATALIS

 

INFORMASI:

Sekretariat     : 0274-563362

Website    : www.fisipol.ugm.ac.id

Email        : dies.fisipolugm@gmail.com

FB        : @fisipol.ugm













Public Policy Management

DEPARTEMEN