Pembelajaran sosial tidak hanya dapat dilakukan dalam lingkup formal, dimanapun dan kapanpun kita mampu mempelajari ilmu sosial dan ilmu politik, namun yang menjadi unik, di FISIPOL UGM mahasiswa diarahkan agar mampu menjadi seorang yang berguna bagi bangsanya, berwawasan luas, peka dan empati pada lingkungan terutama dalam kehidupan bermasyarakat. Lalu mengapa memilih FISIPOL UGM?

1. Kesempatan belajar yang luas

Lebih dari 120 dosen melakukan penelitian luas di pelbagai wilayah seperti globalisasi, demokratisasi, islam politik, politik lokal dan pembangunan ekonomi, resolusi konflik dan pembangunan perdamaian, hak asasi manusia, hubungan dan organisasi industri, perubahan sosial, kesejahteraan, kajian wilayah, kependudukan, kebijakan publik, dan wilayah-wilayah penelitian lainnya. Mereka juga mengajar di kelas, berbagi pengalaman dan temuan penelitian-penelitiannya, dan melibatkan mahasiswa dalam aktivitas-aktivitas yang mengombinasikan kegiatan pengajaran dan penelitian. 

Mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan yang luas untuk ikut serta dalam pertukaran mahasiswa ke universitas-universitas mitra di luar negeri, kajian lapangan, dan internship yang akan memberikan pengalaman-pengalaman pembelajaran yang unik dan bermanfaat.

Program-program double degree dan joint program dengan beberapa universitas di Asia, Eropa, dan Australia juga tersedia dan program-program ini akan terus dikembangkan dan diperluas dengan mitra yang lebih banyak. 

2. Adanya supporting system

Untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran di FISIPOL, maka beberapa fasilitas terus dibangun. Kehadiran perpustakaan, sistem teknologi informasi serta kegiatan seperti bridging course diberlakukan. Berbagai sumber referensi baik e-book, jurnal online serta literature tersedia sebagai pendukung kelancaran studi mahasiswa. Selain itu, Sistem Informasi Akademik (SIA) dibangun dengan adanya portal akademik, e-lisa, help-desk, paperless office & facebook.

Kemahasiswaan FISIPOL memberikan sarana penunjang bagi pengembangan skill mahasiswa diluar pembelajaran dengan memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk membuat dan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hingga saat ini, telah terdapat UKM yang tersedia untuk menampung minat dan bakat mahasiswa/i agar dapat dikembangkan. Hingga saat ini, UKM telah memberikan banyak kontribusi pada kualitas mahasiswa dan FISIPOL UGM berupa pengadaan kegiatan dan perolehan prestasi yang telah diraih.

3. Kualitas lulusan terbaik

Tercatat  sejak  tahun  2010  hingga  2016  mahasiswa  FISIPOL  UGM  sangat  aktif  mengikuti berbagai  kegiatan  dan  kejuaraan  baik tingkat  nasional  maupun  internasional. Keikutsertaan mahasiswa tersebut dapat berupa konferensi mahasiswa maupun program pertukaran pelajar internasional. Tidak hanya itu, keaktifan mahasiswa dalam berbagai kegiatan diluar perkuliahan menuntun mahasiswa unggul dalam bidang akademik dan juga non-akademik. Lulusan FISIPOL UGM tidak diragukan lagi kualitasnya. Dengan skill yang dimilikinya, mahasiswa/i lulusan FISIPOL UGM mampu bersaing dalam dunia kerja.

4. Prospek karir yang menunjang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan kualitas lulusan terbaik, lulusan FISIPOL UGM memiliki prospek karir yang baik pula. Alasanya, mahasiswa FISIPOL UGM telah dilatih secara mandiri dengan keterampilan analitik, dan pengetahuan riset yang baik.  Tidak hanya berbekal keterampilan, kantor Pengembangan Karir turut memberikan kontribusi dengan pembangunan hubungan baik anatara alumni dam lulusan. Hal itu membuat masuknya informasi peluang kerja menjadi lebih mudah didapatkan sehingga lulusan mampu bersaing dalam dunia kerja.

5. Pelopor kajian ilmu sosial dan ilmu politik di Indonesia

Kelembagaan riset di tingkat fakultas dan jurusan dikembangkan untuk menopang aktualisasi visi dan misi Fisipol UGM sebagai fakultas riset bertaraf internasional. FISIPOL UGM telah menjadi pelopor kehadiran pusat kajian ilmu sosial dan ilmu politik di Indonesia. Pusat kajian tersebut antara lain Pusat Kajian Kepemudaan (YOUSURE), ASEAN Studies Center (ASC), Center for Digital Society (CfDS), Sociology Research Center (SOREC), Digital Media and Comunication Research Center (DECODE), Research Centre For Politics and Government (POLGOV), Institute of International Studies (IIS), Social Development Studies Center (SODEC), Center For Policy and Management Studies (REFORMA), dan Institute of Governance and Public Affairs (IGPA). Aktifitas riset dan publikasi menjadi backbone bagi pengembangan Fisipol sebagai fakultas riset.

Public Policy Management

DEPARTEMEN