GAMBARAN UMUM TRACER STUDY FISIPOL UGM 2015

Tracer Study adalah studi tentang lulusan lembaga penyelenggara pendidikan tinggi. Studi ini akan memuat berbagai informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan kemudian digunakan untuk menyempurnakan kualitas lembaga pendidikan tinggi yang bersangkutan. Survei ini akan melihat hubungan antara lembaga pendidikan tinggi dengan penyedia lapangan kerja, baik nilai relevansinya maupun informasi yang dapat dijadikan sebagai syarat pelengkap akreditasi perguruan tinggi tersebut.

Sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM membutuhkan studi pelacakan ini untuk mendapatkan umpan balik dari alumni. Umpan balik tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu sumber penentuan kebijakan. Hasil studi yang mencakup kondisi, pengalaman dan motivasi mahasiswa, sistem dan kebijakan pendidikan di perguruan tinggi, maupun proses pembelajaran juga akan membantu meningkatkan kompetensi para lulusan Fisipol UGM lebih memiliki daya saing di dunia kerja.

Sukses menyelenggarakan Tracer Study tahun lalu, maka tahun 2015 ini Fisipol UGM melalui unit Social Political Alumni and Career Engagement (SPACE) Office kembali melakukan Tracer Study untuk alumni yang lulus pada tahun 2013. Fisipol UGM menyadari bahwa hasil dari lembaga perguruan tinggi adalah mencetak alumni yang memiliki kompetensi, mampu mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Saat ini, alumni Fisipol UGM telah tersebar dan memiliki profesi yang bermacam-macam. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu hasil dari apa yang alumni dapatkan saat duduk di bangku kuliah. Kesan ini lah yang dibutuhkan oleh Fisipol UGM untuk memperbaiki sistem dan mengelolaan pendidikan melalui rekam jejak alumni yang telah merasakan pentingnya hubungan dengan perguruan tinggi. Hal-hal ini pula yang mendorong Fisipol UGM untuk kembali menyelenggarakan Tracer Study tahun 2015.

Info : alumni.fisipol@ugm.ac.id / 08112631100/ 0274 563362 ext. 146/464

Periode pengisian kuesioner : 11 Mei 2015-14 Juni 2015

Public Policy Management

DEPARTEMEN