Yuk, Ketahui Tips dan Trik Memasuki Dunia Kerja

Yogyakarta, 28 November 2018—Career Development Centre (CDC) Fisipol UGM memberikan pengetahuan mengenai bagaimana para pencari kerja menghadapi atau beradaptasi dengan otomatisasi era digital melalui Career Preparation Class dengan menghadirkan Agni Pratama Managing Director Bhumi Indonesia Group dan Nitya Saputri Rizal CPNS Kementrian Sekretariat Negara. Dengan menghadirkan kedua pembicara yang berbeda latar belakang pekerjaannya diharapkan dapat memberikan perspektif dan pengetahuan dunia kerja yang berbeda dari bidang yang berbeda.

Agni Pratama membuka diskusi dengan memaparkan beberapa top skills pekerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Menurut Agni, salah satu skill yang tidak dapat diotomatisai adalah critical thinking.

“Perusahaan dapat dengan mudah mengotomatisasi metode kerja. Namun, satu hal yang harus dimiliki pacar pencari kerja adalah critical thinking, karena skill ini adalah murni skill yang dimiliki masing – masing tidak dapat dimesinkan,” kata Agni.

Menurut Agni, meningkatkan skill critical thinking dapat dilakukan dengan membaca baik dari sisi akademis yang kemudian diterjemahkan dalam membaca situasi sekitar.

“Berkaitan dengan pekerjaan, skill atau hobi membaca dapat digunakan untuk memperdalam bidang yang ditekuni,” imbuh Agni

Selanjutnya, Agni memberikan tips dan trik bagaimana membuat CV dan Motivation Letter agar dapat mendapat perhatian dari para pencari kerja. Sama seperti pada pembuatan CV umumnya, beberapa hal yang dapat dicantumkan dalam CV, seperti contact details, profile, relevant projects, education, work experience, interest and hobbies.

Tips yang diberikan oleh Agni dalam pencantuman CV adalah cantumkan hal yang berkaitan dengan perusahaan dan job desk yang akan di apply. Lakukan riset kecil – kecilan mengenai perusahaan yang akan di apply agar mengenali perusahaan tersebut. Hal tersebut juga menjadi salah satu strategi untuk menghadapi interviewer.

“Dengan melakukan riset kecil – kecilan mengenai perusahaan yang akan anda apply, itu dapat menjadi nilai plus karena interviewer akan merasa anda serius,” kata Agni.

Terkait dengan motivation letter, Agni mengatakan bahwa terdapat tiga hal  penting yang harus dicantumkan adalah identify problem, offer the solution dan close with confidence. Beberapa pengetahuan yang dibagikan oleh Agni adalah terkait dengan personal branding dan bagaimana mengatasi pengalaman yang minim sehingga mempengaruhi “bobot” CV.

“Ikuti project atau volunteering program dengan segera dan mengenai personal branding, perusahaan juga akan memperhatikan sosial media yang dimiliki oleh calon pekerja,” kata Agni

Selanjutnya, Nitya berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai seleksi CPNS. Menurutnya, menjadi PNS merupakan jaminan kenyamanan hidup terutama dalam hal pekerjaan hingga hari tua. Ia berbagi tips bagaimana tips lolos tes CPNS termasuk cara belajar.

“Menurutku, bidang yang sulit ku pelajari adalah sejarah dan kewarganegaraan. Untuk belajar keduanya, aku membuat timeline sejarah dan mind map mengenai Undang – undang,” kata Nitya.

Bekerja menjadi PNS merupakan pengabdian bagi negara dan menurut Nitya hal tersebut adalah tanggung jawab yang berat.

“Bukan hanya pejabat saja yang memiliki tanggung jawab, saya rasa, kami CPNS maupun PNS pun memiliki tanggung jawab yang serius terhadap negara,” kata Nitya. (/pnm)

«     |      »