UNIT RISET DAN PUBLIKASI

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) adalah jurnal ilmiah di bidang sosial dan politik yang diterbitkan oleh FISIPOL UGM. Terbit tiga kali setahun pada bulan Maret, Juli dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis. Penerbitan JSP bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi, advokasi dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan sosial dan politik di Indonesia.
Institute of Governance and Public Affairs (IGPA) adalah institusi yang didirikan dengan tujuan untuk melakukan penelitian, serta melakukan diseminasi, dan publikasi hasil-hasilnya yang bersamaan dengan kegiatan akademik di Magister Administrasi Publik (MAP), Universitas Gadjah Mada.
Institute of International Studies (IIS) didirikan sebagai badan riset, advokasi, dan publikasi Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada. Didirikannya IIS adalah manifestasi dari visi Departemen Ilmu Hubungan Internasional untuk mengembangkan pengetahuan tentang isu-isu internasional di level teoritis dan menerjemahkannya di level praktis demi terwujudnya masyarakat yang lebih adil dan damai.
DECODE (Digital Media and Communication Research Center) merupakan pusat kajian di bawah DIKOM yang berfungsi untuk mengembangkan penelitian media digital dan komunikasi. Pusat kajian ini berdiri tahun 2016 menggantikan pusat kajian sebelumnya, NEWMESIS (New Media Studies). Pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat mencakup keragaman lokus kajian yang saat ini menjadi perhatian DIKOM.
PolGov (Research Centre for Politics and Government) merupakan unit riset di bawah Departemen Politik dan Pemerintahan (JPP) Fisipol UGM. PolGov merupakan hasil penggabungan dari dua laboratorium yang telah lama dikelola secara terpisah oleh Jurusan Ilmu Pemerintahan/Politik dan Pemerintahan (JIP/JPP) Fisipol UGM dan Program S2 Politik Lokal dan Otonomi Daerah/Ilmu Politik (PLOD/Ilmu Politik) UGM. Bertujuan untuk mengembangkan aktivitas riset, advokasi, dan publikasi mengenai isu-isu politik dan pemerintahan secara lebih baik.
Hibah Riset, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat
Pusat Kajian Kepemudaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM, didirikan pada tanggal 21 Meo 2011 dengan visi untuk menjadi lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang kepemudaan yang terpandang dan berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk kemajuan bangsa.
Pusat Studi ASEAN Universitas Gadjah Mada adalah pusat studi multi disipliner, yang didirikan sesuai dengan Prinsip Tri Dharma yang terdiri dari tiga bidang Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang Studi ASEAN.
Sociology Research Center (SOREC) UGM is a center aiming to promote research and knowledge dissemination, publication, and partnerships among academician.
Center for Policy and Management Studies (REFORMA) hadir untuk memberikan kontribusi terhadap upaya pembangunan tata kelola sektor publik (governance reform), baik dalam dimensi kebijakan publik maupun manajemen sektor publik dengan basis kegiatan riset, advokasi maupun pelatihan.
CfDS berdiri untuk mendalami kajian tentang masyarakat digital kontemporer, termasuk isu-isu yang berkaitan dengannya, misalnya isu kota pintar dan pembangunan urban. CfDS juga menitikberatkan kajian pada penggunaan teknologi untuk membentuk masyarakat dalam proses digitalisasi, serta untuk menawarkan solusi-solusi pada permasalahan dan isu sosial.
Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan lembaga dilingkungan Fisipol UGM dalam rangka berkontribusi dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Telp.: 0274 563362 ext. 232
Fax.: 0274 563362 ext. 227
Mobile: 081804380580
Email: kerjasamafisipol@ugm.ac.id