“Dari Birokratisasi ke Liberalisasi Pendidikan”
Perkembangan pendidikan di Indonesia pada era reformasi telah mengalami perubahan. Jika sebelumnya terkerangkeng oleh “birokrasi pendidikan” (yang dikontrol rezim Soeharto), kini aktivitas akademik berada dalam arus pusaran liberalisasi. Pada era pemerintahan Orde Baru tersebut, dunia pendidikan dan perkembangan ilmu sosial ditentukan oleh kekuasaan pemerintah (Hadiz & Dhakidae, 2006). Mengenai apa yang layak diteliti dan tidak, ditentukan oleh LIPI, KOMKAMTIB, dan BAKIN. Kerangka analisa yang dianggap memenuhi standar, dinilai atas dasar ideologi pembangunanisme: pertumbuhan ekonomi dan stabilitas. Kerangka analisa baru dianggap memenuhi standar jika bersifat ‘ilmiah’, ‘objektif’, atau ‘netral’. Sementara itu, analisa-analisa kritis dipinggirkan karena dinilai mengancam stabilitas negara. read more