PROGRAM PASCASARJANA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
JADWAL, PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
PERIODE GASAL TA 2018/2019
- JADWAL PENDAFTARAN PROGRAM MASTER (S2)
Kegiatan | Waktu |
1. Pendaftaran online dan unggah dokumen yg disyaratkan | 23 April –21 Juni 2018 |
2. Pembayaran biaya pendaftaran | Sesuai jadwal di online |
3. Penerimaan dokumen pendaftaran dan syarat tambahan | 23 April – 26 Juni 2018 |
4. Seleksi wawancara (bagi prodi yang mensyaratkan) | 27 Juni – 2 Juli 2018 |
5. Pengumuman hasil seleksi | 17 Juli 2018 |
6. Pembayaran UKT (bagi yg lolos seleksi) | sesuai jadwal di masing-masing akun |
7. Perkuliahan | 13 Agustus 2018 |
- PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN PROGRAM MASTER (S2)
- Membuat akun pendaftaran di laman ugm.ac.id
- Memperoleh email verifikasi akun pendaftaran dari Universitas (Direktorat Pendidikan & Pengajaran /DPP)
- Saudara memvalidasi akun (Klik link dalam email): mohon cek email anda
- Melakukan pendaftaran online: Log in untuk: memilih JALUR, PRODI TUJUAN kemudian melengkapi data dan mengunggah dokumen*.
- Meminta Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja Saudara. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif dan benar.
- Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-paymentBank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Petunjuk pembayaran dapat dilihat laman um.ugm.ac.id.
* Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk periode berikutnya dengan alasan apapun. - Cetak Bukti Pendaftaran Saudara dan menyerahkan berkas yg diunggah ke Fakultas ISIPOL Jl. Sosio Yustisia BUlaksumur Yogyakarta, antara lain: FC Ijazah, FC Transkrip, FC Sertifikat TOEFL dan TPA, FC Bukti akreditasi, Surat ketarangan sehat, Proyeksi keinginan, serta syarat khusus/jika ada.
- Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
*DOKUMEN yang harus dipersiapkan:
- Menyiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
- Menyiapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (format .pdf dengan ukuran file minimal 150 kb dan maksimal 800 kb untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online.
1. | Ijazah jenjang pendidikan sebelumnya |
2. | Transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya (semua halaman) |
3. | Sertifikat/bukti akreditasi program studi jenjang pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) (Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI) |
4. | Surat keterangan sehat dari dokter dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta. |
5. | Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di laman: um.ugm.ac.id) |
6. | Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di laman: um.ugm.ac.id) |
Perhatian!
- Skor tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris harus dikeluarkan oleh lembaga yang direkomendasikan oleh UGM.
- Isikan nomor peserta, tanggal pelaksanaan, dan lembaga penyelenggara tes tersebut pada isian data pendaftaran secara benar. Informasi yang Saudara isikan akan dikirim ke lembaga penyelenggara tes tersebut untuk divalidasi.
- Skor tes dianggap “0”apabila terdapat ketidaksesuaian antara isian data pendaftar dengan data di lembaga penyelenggara.
PROGRAM PASCASARJANA FISIPOL UGM
BIAYA PENDAFTARAN, UKT DAN SYARAT TAMBAHAN
SEMESTER GASAL TA 2018/2019
PROGRAM MASTER (S2):
Biaya pendaftaran Rp. 500.000,00
No | Program Studi | UKT (Biaya SPP/semester) | Keterangan atau Syarat tambahan/khusus |
1. | S2 Ilmu Komunikasi | Rp. 10.000.000,00 | · Menulis Esai Motivasi:
Menjelaskan alasan calon mahasiswa memilih program S2 Ilmu Komunikasi, pengalaman pribadi maupuna kademik dan/ atau professional terkait dengan program yang dipilih, rencana untuk menerapkan apa yang akan dipelajari di masa depan. Panjang esai sekitar 1000 kata. |
2. | S2 Manajemen dan Kebijakan Publik | Rp. 10.000.000,00 | · Tes wawancara
· Esai (makalah) tentang Manajemen dan Kebijakan Publik dengan jumlah kata 5000-7000, Font Times New Roman 12, spasi 2. · Surat pernyataan di atas materai Rp 6.000 bahwa esai tersebut merupakan tulisan sendiri. |
3. | S2 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan | Rp. 8.500.000,00 | Membuat abstraksi rencana penelitian tesis 1 halaman |
4. | S2 Politik dan Pemerintahan | Rp. 10.000.000,00 | Tes wawancara |
5. | S2 Ilmu Hubungan Internasional | Rp. 12.500.000,00 | Tes Wawancara bagi pendaftar yang memenuhi standar minimal skor Tes Potensi Akademik (TPA) 500/ PAPS 500 dan TOEFL ITP 500/ TOEFL iBT 61/ ACEPT 268/ IELTS 6 |
6. | S2 Sosiologi | Rp. 8.500.000,00 | Tes wawancara |
7. | S2 Ilmu Administrasi Publik/MAP | Rp. 11.000.000,00 | – |
PROGRAM DOKTOR (S3):
Biaya pendaftaran Rp. 750.000,00
No | Program Studi | UKT (Biaya SPP/semester) | Keterangan atau Syarat tambahan/khusus |
1. | S3 Ilmu Administrasi Publik | Rp. 20.000.000 | Tes Wawancara dan Menyerahkan Statement of interest 5 – 15 lembar |
2. | S3 Manajemen dan Kebijakan Publik | Rp. 16.000.000 | CV lengkap dan 8 exp. Proposal |
3. | S3 Sosiologi | Rp. 15.000.000 | CV lengkap dan 8 exp. Proposal |
4. | S3 Ilmu Politik | Rp. 16.000.000 | Copy ijazah dan Transkrip S1 dan 11 exp. Proposal
1. Harus menunjukkan Latar Belakang dan Rumusan Masalah, yang berisi tentang problematisasi Riset. 2. Maksimal 2 lembar |
Penyerahkan hardfile bukti pendaftaran, berkas pendaftaran (termasuk copy sertifikat TPA dan TOEFL), dan syarat khusus paling lambat diterima Fakultas pada tanggal 26 Juni 2018.
*Info lebih lanjut dapat menghubungi: 0274-563362 ext. 251/215 dan di website: http://um.ugm.ac.id