Protokol Kesehatan Covid-19

Protokol Kesehatan Covid-19

  1. Jika kamu merasa tidak sehat, demam 38° C, batuk/pilek, bila keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernafas, segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan (fansyakes).
  2. Tenaga kesehatan (nakes) di fansyakes akan melakukan screening suspect COVID-19:
    • jika memenuhi kritereia suspect COVID-19, maka Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan yang siap untuk penanganan COVID-19.
    • Jika tidak memenuhi kriteria suspect COVID-19, maka Anda akan dirawat inap atau rawat jalan tergantung diagnosa dan keputusan dokter fansyakes.
  3. Jika memenuhi kriteria Suspect COVID-19, Anda akan diantar ke RS rujukan menggunakan ambulan fansyakes didampingi oleh nakes yang menggunakan alat pelindung diri (APD).
  4. di RS rujukan, akan dilakuka pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium dan dirawat di ruang isolasi.
  5. Spesimen akan dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta. Hasil pemeriksaan pertama akan keluar dalam 24 jam setelah spesimen diterima.
  6. Jika anda sehat namun, ada riwayat perjalanan 14 hari yang lalu ke negara terjangkit COVID-19, atau merasa pernah kontak dengan penderita COVID-19, hubungi Hotline Center Corona untuk mendapat petunjuk lebih lanjut di nomor berikut:
    • 119 ext 9
    • 0274 555 585
    • 0811 2764 800