SEO dan Digital Content Writer, Dua Strategi Dalam Dunia Digital Marketing  

Yogyakarta, 30 Oktober 2018– Digital marketing merupakan alternatif baru yang potensial dalam mencipatakan lapangan kerja. Niagahoster, perusahaan hosting digital bekerjasama dengan Career Development Center (CDC) Fisipol UGM mengadakan Sharing & Hiring di Ruang Seminar Timur Fisipol pada Selasa (30/1).

Matias Aditya, Chief Content Officer Niagahoster memaparkan bagaimana agar artikel menempati urutan teratas di organic search, kuncinya adalah  menyusunnya berdasarkan keyword. .

Penyusunan keword berdasarkan traffic word yakni indikator tingkat populernya sebuah keywords semakin tinggi traffic word dan semakin banyak keyword yang familiar dipakai banyak orang, semakin besar kemungkinan menampatkan konten di urutan teratas.

Untuk mengetahui bagaimana keyoword dugunakan, tools semacam google keyword, google planner, google trends, serta Ubersuggest  dapat membantu  untuk tracking  keyword yang bagus untuk digunakan.

Selain itu, ada dua teknik dalam pemakaian SEO yaitu teknik  on page yang berhubungan dengan  keyword dan server algoritma serta teknik off page yaitu seberapa banyak keyword atau tulisan yang kita tulis menjadi trending dan menjadi topik di banyak media sosial.

Penggunaan SEO sebagai strategi digital marketing diakui sebagai hal yang agak sulit. “Ibaratnya, ngurus SEO ini seperti games of thrones, susah-susah gampang demi dapet posisi teratas,” ujar Adit.

Para audiens juga diberi lokakarya bagaimana menemukan topik dan keyword yang cocok. Dengan menggunakan Google Trends dan Ubersuggest untuk mentracking  ukuran kepopuleran keyword,  pastikan untuk menggunakan keyword yang spesifik. Dalam menspesifikkan keyword, cari main keyword dan secondary sesuai dengan intent costumer.

”SEO digunakan karena saat ini orang ngapa-ngapain research. Mau makan cari di internet, mau beli baju liat di internet. Maka strateginya adalah pakai marketing,” ujar Adit.

Selain memanfaatkan SEO, tentu konten yang menarik juga menjadi hal utama, tulisan yang menarik dapat dilakukan dengan beberapa cara. Dalam hal ini, digital content writer sangat  dibutuhkan.

Pertama, isi artikel yang digambarkan oleh judul berupa main keyword haruslah sesuai. Kedua, judul harus padat dan mencakup keyword, beri kata-kata ekspresif dan persuastif serta tujukkanlah rasa penasaran. Namun hal ini tidak berarti menggunakan trend clickbait yang sedang marak saat ini. “Gak berarti judulnya clickbait, tetep pada konten yang sesuai,” ujar Adit.

Sedangkan untuk struktur artikel, untuk membuat tulisan ideal  adalah menulis 100 kata untuk pembuka, dan gunakanlah kalimat pendek yang menumpuk.  Artikel yang panjang dan spesifik punya peluang lebih besar menempati posisi paling atas.

Terakhir, perhatikan reversed pyramid dan sertakan video dan infografis agar  lebih menarik.

Dalam melakukan strategi digital marketing berupa SEO dan pembuatan konten, peran digital content writer sangatlah besar. Hal ini sesuai dengan pernyataan Rheinjani Dora Novelia, People Operation Specialist di Niagahoster “Digital content writer ini sangat potensial, tapi belum banyak terekspos,” ujarnya dalam pembukaan acara.

Muhammad Ramdayanu Muzakki, Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015, mengikuti kegiatan dengan antusias. Ia menceritakan minatnya pada dunia digital, “Aku tertarik bagaimana bisa bikin konten yang menarik dan sesuai dengan perkembangan digital,” ujarnya.

Ramdayanu mengetahui kegiatan ini melalui Instagram CDC, baginya potensi digital marketing sangatlah besar. ”Menurutku potensinya gede banget ya. Apalagi sekarang semuanya lagi shifting ke dunia digital. Makannya dunia marketing digital juga ikut terus berkembang,” tutupnya.

Sebagai perusahaan yang memanfaatkan digital marketing, Niagahoster mengadakan sharing mengenai strategi dalam melakukan marketing digital yaitu  penggunaan Search Engine Optimization (SEO) yakni organic search yang digunakan secara krusial dan bermacam-macam mulai dari bing, yahoo hingga yang paling terkenal adalah google. Organic search ini lah yang digunakan untuk optimalisasi artikel.

Selain acara sharing, Niagahoster juga membuka walk in interview untuk para peserta yang ingin bergabung di Niagahoster menjadi seorang content writer. (/Afn)

«     |      »