Digital Discussion #37: Make Your LinkedIn Profile Stand Out

Yogyakarta, 26 Oktober 2020—Center for Digital Society menyelenggarakan program acara Digital Discussion #37 pada Senin malam (26/10). Acara via Whatsapp Group ini mengangkat topik “Make Your LinkedIn Profile Stand Out”. Yacinta Shafira, Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik UGM 2020, menjadi pemantik dalam diskusi kali ini. Acara berlangsung pada 19.00-21.00 WIB dan dimoderatori oleh Devia Putri Maharani, event assistant CfDS.

Sebagai mahasiswa, kita sudah tidak asing lagi dengan LinkedIn. LinkedIn merupakan sosial media yang dapat digunakan untuk membangun karier profesional. Berdasarkan data dari LinkedIn Economic Graph 2020, LinkedIn memiliki member profesional sejumlah 706M+, perusahaan terdaftar sejumlah 50M+, serta Job Listing sejumlah 11M+. Profil Linkedin sangat optimized di Google, menjadi beneficial untuk recruiters yang ingin tahu lebih lanjut tentang profil kita. Terlebih, algoritma LinkedIn tahun ini membuat kita mudah untuk di-notice oleh orang banyak, serta postingannya untuk mencapai likes/comments yang banyak. “Tentunya benefit LinkedIn sangat banyak, seperti banyaknya professional network yang bisa diraih, recruiters yang aktif talent-sourcing di LinkedIn, serta mencari partner bisnis bagi pengusaha,” ungkap Yacinta.

Berdasarkan data yang di atas, menunjukkan bahwa LinkedIn merupakan media sosial profesional terbesar di dunia yang memungkinkan para pencari kerja dan recruiter untuk saling berinteraksi. Di era digital saat ini apalagi di masa pandemi, LinkedIn akan sangat membantu sekali untuk mencari info tentang karir dan pengembangan diri dengan aman dan cepat. LinkedIn juga disebut-sebut menjadi media untuk ‘promosi’ diri kepada perusahaan atau para profesional lain diluar sana.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memaksimalkan optimalisasi penggunaan LinkedIn. Hal pertama yang sangat penting untuk diisi tentunya adalah LinkedIn profile checklist. Profil meliputi professional, clear photo of yourself; keyword-rich headline; a unique cover photo; 2-3 paragraph about yourself. Kemudian, gunakan S-T-A-R Framework pada bagian experiences dan achievements. S (situation) berisi penjelasan general mengenai achievement, T (task) berisi tugas yang perlu kita selesaikan, A (action) berisi apa yang telah kita lakukan, dan R (result) berisi apa yang telah kita capai, dalam bentuk kuantifikasi.

 

S-T-A-R Framework tersebut dicontohkan oleh Yacinta seperti berikut:

Title : Founder and President of Women Beyond

[Situation] Women Beyond is a national-scale non-profit organization that aims to empower women to be young leaders in their communities by fostering a supportive environment through.

[Task] networking opportunities, workshops, and mentorships.

[Action] As a President, I am responsible for handling 5 teams (Operations, Marketing, Knowledge Management, External Affairs, and Human Resource), approving all partners and projects, ensuring all operations of Women Beyond aligns with the vision and all goals are being met.

[Result] Over 4 months, Women Beyond has gained 900+ followers on Instagram, collaborated with 9 partners including Schneider Electric and Periplus.

 

Setelah itu, kita juga dapat meminta endorsements atau rekomendasi dari akun teman-teman kita. Endorsements sangat penting karena disinilah profile readers dapat melihat real opinions dari orang-orang yang pernah bekerja dengan kita mengenai bagaimana etos kerja, skills, dan sebagainya yang dimiliki kita. Endorsement dapat berupa likes, comments, maupun pesan dan kata-kata. Terkait cybersecurity, sama halnya dengan media sosial lain, banyak hal-hal yang bersifat privasi yang tidak perlu kita share di LinkedIn, seperti alamat rumah, informasi finansial, KK, dan lain-lain. Hal ini untuk menghindari pencurian data diri kita oleh pihak tak bertanggungjawab untuk disalahgunakan. “Intinya, tetap stay safe ya Smart People. Se-profesional-profesionalnya LinkedIn, ada juga lho oknum-oknum yang menyalahgunakan LinkedIn, seperti mencoba untuk menggaet masuk ke bisnis ilegal, atau bahkan mencari pasangan (ini benar terjadi lho),” ungkap Yacinta. Untuk fitur yang bisa digunakan untuk menghubungi secara personal, kita dapat mengisi bagian Contact Info di LinkedIn dengan email.

Selanjutnya, untuk memaksimalkan network di LinkedIn, kita dapat melakukan empat cara melalui fitur yang ada, diantaranya: connect with people (add note), comment di post orang lain, messaging, dan posting your own contents. (/Wfr)