Hari terakhir di Bulan Maret menandakan berakhirnya pelaksanaan ujian tengah semester genap Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Global Engagement Office (GEO) menjadikan momen tersebut dengan melaksanakan program bulanan Cross-Cultural Understanding Club, yaitu Amazing Race. Ide kegiatan ini diambil dari reality television game show yang terkenal di seluruh dunia dengan nama yang sama. Permainan ini pada dasarnya adalah perlombaan diantara beberapa kelompok untuk mencapai garis akhir dengan cara menyelesaikan beberapa kuis atau rintangan kecil di beberapa tempat sehingga mendapat petunjuk–petunjuk yang mengarahkan peserta untuk mencapai garis akhir.
Namun tentu saja permainan Amazing Race versi GEO ini tidak akan menjangkau tempat – tempat jauh seperti yang dilakukan oleh permainan di televisi pada aslinya. Dengan cermat GEO menempatkan beberapa destinasi yang berisikan tantangannya tersendiri sebelum mencapai garis akhir. Pada sore hari jam 15.00 tanggal 31 Maret 2017, terkumpul 11 peserta mahasiswa, termasuk diantaranya 3 mahasiswa asing yang sedang pada masa pertukaran pelajar ke Universitas Gadjah Mada. Kegiatan dimulai dengan adanya pengarahan di Selasar Barat mengenai bagaimana permainan akan berjalan, setelah itu 11 orang peserta yang hadir dibagi menjadi 3 kelompok.
Setelah tim terbentuk, seluruh peserta diajak untuk berkenalan terlebih dahulu kemudian, dan setiap tim diinstruksikan untuk membuat yel – yel. Setelah itu panitia memberikan 4 petunjuk tempat yang harus dituju oleh peserta tim yaitu tempat yang berada dibawah dekanat (selasar barat), gedung modern pertama di universitas (rektorat), tempat jutaan cerita terkumpul (perpustakaan), dan terakhir tempat mahasiswa berkumpul untuk merayakan kelulusan (Gedung Grha Sabha Pramana).
Instruksi dan petunjuk telah diberikan, maka permainan dimulai. Seluruh tim menyebar dan mencari tempat yang telah disebutkan di petunjuk. Permainan pertama berlokasi di perpustakaan universitas, tim-tim yang mengunjungi lokasi ini akan bermain tebak peribahasa dengan salah satu anggota tim tersebut untuk memperagakan beberapa gerakan sampai anggota tim lainnya dapat menebak peribahasa yang digunakan.
Permainan kedua berlokasi di rektorat, dimana tim-tim mendapat tantangan dalam menguji kekompakan dalam berjalan bersama menggunakan bakiak. Permainan ketiga berlokasi di sekitaran Gedung Grha Sabha Pramana, ketika tim-tim bermain bisik kata jajanan asli Indonesia seperti pie susu, martabak, lumpia dan lainnya. Tentunya penyebutan jajanan ini menjadi sulit bagi para mahasiswa asing yang mungkin tidak pernah mendengarnya. Permainan terakhir berlokasi di Selasar Barat, dimana mahasiswa asing dari masing-masing kelompok untuk pertama kali mencoba bermain permainan tradisional bekel. Menurut para mahasiswa asing, permainan bekel yang sangat mengandalkan keahlian motorik dari pemainnya menjadi permainan yang sangat menghibur.
Setelah keempat permainan diselesaikan, seluruh tim diarahkan ke kantor GEO yang berlokasi di lantai 1 gedung BA. Disana kegiatan diakhiri dengan makan jajanan asli indonesia bersama–sama diikuti dengan pengumuman tim siapa yang memenangkan Amazing Race ini serta berhak menerima santapan gratis di Restoran Lombok Idjo Yogyakarta.