• Tentang UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • WebMail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Fisipol
    • Sambutan Dekan
    • Visi dan Misi
    • Struktur Fakultas
    • Sejarah
    • Departemen
      • Departemen Ilmu Hubungan Internasional
      • Departemen Ilmu Komunikasi
      • Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik
      • Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan
      • Departemen Politik dan Pemerintahan
      • Departemen Sosiologi
    • Keterlibatan Internasional
    • Inovasi 4.0
    • Merchandise
      • Katalog Merchandise
      • Hubungi Kami
  • Akademik
    • Program
      • Sarjana (S1)
      • Magister (S2)
      • Doktoral (S3)
      • Immersion
      • International Undergraduate Program (IUP)
    • Sistem Penerimaan
      • Mahasiswa S1
      • Mahasiswa S2
      • Mahasiswa S3
      • Mahasiswa IUP
      • International Students
    • Akademik
      • Kalender
      • Penerimaan
  • Riset dan Publikasi
    • Direktori
    • Unit Riset dan Publikasi
  • Pendukung
    • Unit Pendukung
    • Materi Publikasi
    • Fasilitas
  • Informasi Publik
  • Beranda
  • Berita
  • Bincang Muda; Food Campaign Through Social Media

Bincang Muda; Food Campaign Through Social Media

  • Berita, PUB
  • 1 Juli 2016, 08.50
  • Oleh: fisipol
  • 0

Youth Studies Centre (YouSure) FISIPOL UGM sebagai pusat kajian fokus pada isu kepemudaan pada kamis, 23 Juni 2016 lalu kembali mengadakan Bincang Muda dengan tema “Food Campaign Through Social Media” yang mengambil lokasi di Smart Lounge Lippo Plaza Jogja. Dalam diskusi ini YouSure mengundang dua orang pemuda yang setiap hari bergelut dalam media sosial sebagai pembicara, yaitu, Samsul Arifin (Social Media Analyst Hipwee.com) dan Riko Wibowo (pengelola akun Instagram @tempatnongkrongjogja). Acara yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan masyarakat umum ini

Bincang muda ini diawali dengan pemutaran film “Chef” (2014) karya Jon Favreau. Film ini bercerita tentang koki sebuah restoran yang tidak terima mendapatkan kritikan tajam dari seorang food blogger ternama. Kritik yang kemudian menjadi viral dan bertebaran di sosial media ini akhirnya mengakibatkan koki tersebut dipecat. Tetapi pada akhir cerita koki yang kurang mengenal teknologi tersebut berhasil bangkit kembali setelah foodtruck-nya dipopulerkan di media sosial oleh anaknya sendiri. Film ini menunjukkan bahwa lika-liku perjalanan mewujudkan passion di bidang kuliner dan bagaimana pada era ini media sosial memberikan pengaruh yang cukup besar.

Pada sesi pertama, Samsul Arifin atau yang akrab disapa Cucul mengamini fenomena yang digambarkan lewat film tersebut. Menurutnya, media sosial dalam dunia kuliner sangat berperan besar dalam menarik konsumen melalui peningkatan kesadaran (awareness) dan untuk menjaga agar konsumen datang kembali (engagement) merupakan tugas dari pemilik usaha kuliner tersebut dalam mempertahankan kualitas masakannya. Kombinasi dari Awareness dan Engagement inilah yang nantinya akan menambah penghasilan dari usaha tersebut. “Percuma kita promo di social media, kalau kualitasnya tidak sesuai dengan kenyataan. Karena social media berguna untuk mendatangkan pengunjung”, ujar Cucul yang juga merupakan aktivis Kaskus Regional Jogja.

Sedangkan pada sesi kedua, Riko Wibowo menceritakan bagaimana perjalanannya mengelola akun Instagram @tempatnongkrongjogja yang sekarang sudah memiliki sebanyak 14.4K follower. Berawal dari keisengan yang akhirnya saat ini ia tekuni, ia bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari akun tersebut. Semakin kemari banyak tempat makan yang minta untuk diulas olehnya. Ketika ditanyai mengenai kesuksesannya, ia sempat menyebutkan, “Saya sedikit tidak setuju kalo dibilang sukses, karena menurut saya sukses itu nggak ada batasnya dan buat teman-teman yang punya passion di bidang yang sama.. sabar ya intinya. Sebenarnya semua itu kadang ga direncanain juga berjalan dengan mulus gitu, intinya kamu harus tahu kamu bener-bener suka di situ, tekun, sabar, dan pasti banyak cobaan. Saya sendiri dari mulai sampai sekarang banyak sekali cobaannya, dari mulai dibenci orang, diejek orang, itu bener-bener udah hal biasa buat saya, dimarahi klien juga udah biasa banget”, ujar Riko yang masih menyandang status mahasiswa STMIK AMIKOM jurusan Sistem Informasi 2013 ini.

Selain pemutaran film dan diskusi, dalam acara ini bertepatan dengan penerbitan Newsletter YouSure Edisi #3 dengan tema Young, Hungry and Curious!. Bincang ini diakhiri dengan membagikan doorprize berupa Jurnal Pemuda bagi lima peserta yang beruntung dan takjil gratis untuk  peserta.

Bincang Muda; Food Campaign Through Social Media

Tags: fisipol fisipolugm ugm

Berita Terbaru

  • Wellness Center Fisipol UGM Kembali Adakan Pemeriksaan Rutin
  • Visitasi Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA Batch 3 di FISIPOL UGM
  • FISIPOL UGM Diskusikan Posisi Demokrasi di Eropa di Tengah Bangkitnya Gerakan Populis
  • FISIPOL UGM Terima Kunjungan Alumni yang Menjadi Duta Besar RI
  • PSdK UGM Gelar Diskusi, Persoalkan Partisipasi Publik dalam Demokrasi
  • Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM, Gelar Diskusi dan Bedah Buku “Social Media and Politics in Southeast Asia
Universitas Gadjah Mada

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

Tentang Fisipol

  • Sambutan Dekan
  • Sejarah
  • Struktur Fakultas
  • Visi dan Misi
  • Departemen

Akademik

  • Kalender Akademik
  • Kalender Penerimaan
  • Program
  • Sistem Penerimaan
    • Informasi Publik

Riset Publikasi

  • Pendukung
  • Bookmark
  • Riset dan Publikasi
  • Materi Publikasi

Aktual

  • Berita
  • Agenda Fisipol
  • Informasi Umum
  • Pojok Fisipol
  • Photo Gallery
  • YouTube Channel

INFORMASI PUBLIK

  • Permohonan Informasi Publik
  • Informasi Tersedia Setiap Saat
  • Informasi Wajib Berkala
  • Australia-Indonesia in Conversation (AIC)

© 2018 | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY