CfDS Digital Discussion #23 : Optimasi Media Sosial dan Prospek Karir

Yogyakarta, 11 Juni 2020 – CfDS Fisipol UGM kembali menyelenggarakan Digital Discussion #23 secara daring bertajuk Belajar Digital Marketing Vol. 1 : Optimasi Media Sosial dan Prospek Karir. CfDS memilih tema tersebut dengan tujuan mengulik apa saja yang perlu diketahui terkait digital marketing, bagaimana cara mengoptimalkannya, dan manfaat yang akan didapat dengan kemampuan digital marketing. Diskusi yang berlangsung melalui WhatsApp group tersebut mengundang Fauzi Ananta sebagai pemantik, yang sehari-hari berprofesi sebagai digital marketing strategist, dan dipandu oleh Christophorus Ariobumi selaku partnership assistant CfDS. Diskusi berlangsung pada Kamis (11/6) malam, pukul 19.00 dan berakhir pada 20.30 WIB.

Untuk mengawali materinya, Fauzi terlebih dahulu memaparkan data tentang digitalisasi dan peningkatan pengguna media sosial. Situasi pandemi yang sedang berlangsung juga turut berpengaruh, yang mana banyak pelaku usaha menjalankan bisnisnya secara daring. Fauzi juga menyatakan bahwa inti dari digital marketing adalah kemampuan persuasif.

Fauzi kemudian menjelaskan bahwa untuk memgoptimalkan digital marketing, pelaku usaha cukup memilih media sosial yang sesuai dengan target audiens dan sumber daya manusia yang dimiliki saja. Kunci untuk memaksimalkan digital marketing sendiri, menurut Fauzi terletak pada content marketing yang dihasilkan. Fauzi memberikan beberapa contoh content marketing yang menarik seperti milik Gojek dan Tokopedia. Dalam hal promosi, Fauzi menyarankan Facebook Ads sebagai solusi yang baik untuk menggaet audiens.

Diskusi dilanjutkan dengan membahas tentang prospek karier dalam ranah digital marketing. Fauzi mencontohkan beberapa pekerjaan terkait seperti social media admin, social media strategist, dan social media manager dengan masing-masing tugasnya. Untuk kelangsungan karier sendiri, Fauzi menyarankan untuk mencari skill yang dibutuhkan kemudian mengasahnya.

Sesi tanya jawab dengan peserta menjadi penutup diskusi. Mulai dari strategi iklan, memperbanyak followers, hingga cara membuat konten yang menarik untuk institusi tertentu. CfDS sendiri rutin menggelar diskusi dan acara menarik lainnya yang dapat disimak melalui akun Instagram @cfds_ugm. (tr)