Communicareer 2022: Temukan Peluang dalam Setiap Kemungkinan

Yogyakarta, 22 Oktober 2022—Seminar pengembangan karir kembali digelar oleh Korps Mahasiswa Komunikasi Fisipol UGM pada Sabtu (22/10). Bertajuk “Discover Opportunity in Every Possibility”, seminar Communicareer 2022 menghadirkan dua alumni ilmu komunikasi UGM yang saat ini berperan penting di sektor perfilman dan Public Relations.Luhki Herwayanogi, seorang sutradara mengisi sesi Alumni Talks. Ia menjelaskan bagaimana perfilman Indonesia saat ini mengalami titik perkembangan yang pesat, jika dulu masyarakat lebih suka menonton film luar negeri, kini perfilman Indonesia mulai banyak dilirik kalangan muda. “Secara industri, perfilman Indonesia ini memiliki potensi yang tinggi. Artinya, sudah banyak kolaborasi-kolaborasi maupun campur tangan pemerintah untuk meningkatkan industri film. Karena untuk mendukung industri perfilman, tidak cukup hanya perseorangan atau kelompok, namun juga harus ada pihak berwenang yang turut men-support,” tutur Luhki. 

Sebagai alumni ilmu komunikasi UGM, ia mengaku karir nya diawali dengan membentuk kelompok sejak kuliah dulu. “Karena keterbatasan biaya dan alat, saya sama teman-teman ilmu komunikasi yang berminat di perfilman ini membentuk satu kelompok atau komunitas, di mana dari situ kita sama-sama belajar bikin film,” jelas Luhki. Ia menambahkan bahwa proses pembuatan film tidaklah mudah, terutama karena proses syuting melibatkan cuaca dan pencahayaan. 

Sesi kedua adalah company visit dari alumni yang bekerja sebagai direktur public relations di perusahaan lokal Avoskin. Erny Kurniawati, selaku Brand Director Avoskin memaparkan bagaimana teknik pemasaran sesuai target brand. “Poin utama marketing yang kita lakukan adalah bukan hanya bagaimana Avoskin bisa menarik pelanggan, tapi juga bagaimana Avoskin bisa melakukan story telling di setiap produknya,” ucap Erny. Ia mengaku mengalami berbagai kendala saat pertama kali Avoskin launching produk, di mana saat itu ia harus memaksimalkan promosi untuk sembilan produk sekaligus. 

“Sebagai public relations, kita harus siap sedia untuk menjadi orang yang kompetitif maupun kolaboratif. Ada kalanya kita harus berambisi mengedepankan produk kita, tapi ada kalanya juga kita harus humble untuk membentuk image brand yang baik dengan partner,” tambah Erny ketika menjelaskan pentingnya sikap staff sebuah brand dalam membentuk hubungan dengan pelanggan ataupun partner

Communicareer 2022 yang dilaksanakan di Auditorium Lantai 4 tersebut, berhasil dihadiri oleh lebih dari 50 peserta baik dari kalangan umum ataupun mahasiswa UGM. Seminar ini tidak hanya berperan sebagai pertemuan antara alumni dan mahasiswa untuk berbagi pengalaman, namun juga memberikan gambaran nyata lingkungan pekerjaan di dunia komunikasi. (/tsy)