• Tentang UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • WebMail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Fisipol
    • Sambutan Dekan
    • Visi dan Misi
    • Struktur Fakultas
    • Sejarah
    • Departemen
      • Departemen Ilmu Hubungan Internasional
      • Departemen Ilmu Komunikasi
      • Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik
      • Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan
      • Departemen Politik dan Pemerintahan
      • Departemen Sosiologi
    • Keterlibatan Internasional
    • Inovasi 4.0
    • Merchandise
      • Katalog Merchandise
      • Hubungi Kami
  • Akademik
    • Program
      • Sarjana (S1)
      • Magister (S2)
      • Doktoral (S3)
      • Immersion
      • International Undergraduate Program (IUP)
    • Sistem Penerimaan
      • Mahasiswa S1
      • Mahasiswa S2
      • Mahasiswa S3
      • Mahasiswa IUP
      • International Students
    • Akademik
      • Kalender
      • Penerimaan
  • Riset dan Publikasi
    • Direktori
    • Unit Riset dan Publikasi
  • Pendukung
    • Unit Pendukung
    • Materi Publikasi
    • Fasilitas
  • Informasi Publik
  • Beranda
  • Berita
  • Kembangkan Creative Hub, Fisipol UGM Dorong Lahirnya Bisnis Sociopreneur Berbasis Digital Startup

Kembangkan Creative Hub, Fisipol UGM Dorong Lahirnya Bisnis Sociopreneur Berbasis Digital Startup

  • Berita, PUB
  • 17 Januari 2018, 01.54
  • Oleh: fisipol
  • 0

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM akan meluncurkan “Fisipol Creative Hub” pada hari Rabu, 17 Januari 2018 di Digital Library (Digilib) Cafe Fisipol. Acara yang akan berlangsung mulai pukul 09.00-selesai akan memperkenalkan sebuah ekosistem yang mendukung lahirnya ide-ide kreatif dan mentransformasikan ke dalam model bisnis socio-preneur dan bentuk-bentuk start up. Ekosistem tersebut kami sebut dengan Fisipol Creative Hub (C-Hub).

 

Fisipol Creative Hub merupakan ruang kreatif bagi mahasiswa, terutama dalam pengembangan sosiopreneur. Creative Hub (C-Hub) bertujuan untuk membina generasi sociopreneurship dalam memecahkan masalah masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital dengan cepat dan cerdas. Dalam ekosistem Fisipol Creative Hub, kampus mendukung lahirnya ide kreatif dan mentransformasikan dalam model bisnis sociopreneur dan bentuk-bentuk startup. Bentuk dukungan tersebut antara lain: mentorship, logistical support, network, sociopreneur innovation, dan investment.  

Mentorship: 

  • Enterpreneur workshop akan menghadirkan pelaku sociopreneur dan startup-er untuk memberi inspirasi serta bimbingan untuk mahasiswa.
  • Internship in start up & unicorn industry adalah program untuk terjun ke lapangan, sehingga dapat merasakan pengalaman secara langsung.
  • Sociopreneurship & start up camp berguna untuk mematangkan dan menghasilkan model bisnis sociopreneur.  
  • Pitch polishing adalah sentuhan dari ahli dan pelaku sociopreneur atau startup-er atas model bisnis yang disiapkan.

                                                                                   
Logistical support

  • Co-Working Space adalah ruang-ruang kreatifitas dengan fasilitas mencukupi untuk mendorong & menghasilkan kreatifitas. 
  • Technology (kelembagaan & sistem IT) adalah perangkat & sistem IT modern untuk memfasilitasi kreatifitas & perancangan model bisnis sociopreneur. 
  • Data center akan menggunakan sistem big data dan informasi untuk mendukung ide-ide kreatif. 
  • Public relation adalah sistem pendukung untuk diseminasi rancangan produk ke publik luas. 

Network

  • Business model development adalah jejaring untuk mengkoneksikan rancangan bisnis model sociopreneur dan start up mahasiswa dengan start up serta unicorn yang relevan.
  • Acara/kompetisi sociopreneurship & start up berguna untuk mengembangkan bisnis model sociopreneur dan start up.
  • Partnership and multi stakeholders engagement adalah pengembangan jejaring dan kesepakatan kerja dengan start up nasional maupun multi nasional. 

   
Sociopreneur Innovation

  • Proposal for sociopreneurship adalah rancangan bisnis model sociopreneur dan start up yang siap dipasarkan dan dikoneksikan dengan pihak luar. 
  • Acceleration program adalah pengembangan kurikulum untuk menghasilkan kelompok sociopreneur di kalangan mahasiswa.

Investment

  • Ventura Capital adalah peluang untuk mendapatkan dukungan pendanaan proposal sociopreneur dan start up dari lembaga keuangan. 
  • Sponsorship for sociopreneurship & start up adalah peluang untuk mendapatkan dukungan dari bisnis dan pemerintah untuk memperkuat inisiatif creative-hub di kampus. 

 

 

Kelima program tersebut disusun melalui sebuah program kurikulum C-Hub, yaitu project-based dan base on need. Project based berorientasi menghasilkan model inovatif penyelesaian masalah sosial dan sekaligus berpotensi menghasilkan business beneficiaries. Sedangkan, base on need, yaitu substansi kurikulum akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ide desain sociopreneurship yang dikembangkan oleh peserta kelas C-Hub.

Bentuk nyata creative hub ini diwujudkan dalam coworking space yang sudah berdiri di Fisipol, yaitu Digilib Café. Digilib Café yang sudah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Desember 2017 lalu, nantinya akan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung ekosistem kreatif dan memiliki dampak sosial. Selain itu dalam peluncuran Creative Hub kali ini, maka Fisipol akan menjaring peserta untuk mengikuti program inkubasi bisnis. Kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa aktif, fresh graduate, dan umum.

 

Kembangkan Creative Hub, Fisipol UGM Dorong Lahirnya Bisnis Sociopreneur Berbasis Digital Startup

Tags: fisipol fisipolugm ugm

Berita Terbaru

  • Wellness Center Fisipol UGM Kembali Adakan Pemeriksaan Rutin
  • Visitasi Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA Batch 3 di FISIPOL UGM
  • FISIPOL UGM Diskusikan Posisi Demokrasi di Eropa di Tengah Bangkitnya Gerakan Populis
  • FISIPOL UGM Terima Kunjungan Alumni yang Menjadi Duta Besar RI
  • PSdK UGM Gelar Diskusi, Persoalkan Partisipasi Publik dalam Demokrasi
  • Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM, Gelar Diskusi dan Bedah Buku “Social Media and Politics in Southeast Asia
Universitas Gadjah Mada

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

Tentang Fisipol

  • Sambutan Dekan
  • Sejarah
  • Struktur Fakultas
  • Visi dan Misi
  • Departemen

Akademik

  • Kalender Akademik
  • Kalender Penerimaan
  • Program
  • Sistem Penerimaan
    • Informasi Publik

Riset Publikasi

  • Pendukung
  • Bookmark
  • Riset dan Publikasi
  • Materi Publikasi

Aktual

  • Berita
  • Agenda Fisipol
  • Informasi Umum
  • Pojok Fisipol
  • Photo Gallery
  • YouTube Channel

INFORMASI PUBLIK

  • Permohonan Informasi Publik
  • Informasi Tersedia Setiap Saat
  • Informasi Wajib Berkala
  • Australia-Indonesia in Conversation (AIC)

© 2018 | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY