Jakarta, 15 Desember 2022—Didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM berkolaborasi dengan Tokopedia selenggarakan kegiatan Diseminasi Modul Literasi Digital: Pentingnya Perlindungan Data Pribadi di Marketplace pada Kamis (15/12) di Tokopedia Tower. Acara yang dilakukan secara hybrid ini dihadiri oleh perwakilan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan Leontinus Alpha Edison, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia dan Anisa Pratita Kirana Mantovani, Executive Secretary of Partnership and Research CfDS serta berbagai stakeholder terkait. Mulai dari pihak asosiasi, akademisi, hingga pelaku UMKM sebagai mitra.
Melalui kolaborasi ini, Center for Digital Society (CfDS) dan Tokopedia meluncurkan Modul Literasi Digital yang terbagi menjadi tiga topik mengenai belanja aman dan nyaman di marketplace. Adapun, kolaborasi ini terselenggara sebagai respon atas isu perlindungan data pribadi, yang marak ditengah pesatnya pertumbuhan konsumen. Terutama, para konsumen online shopping yang cenderung menjadi target rentan terhadap kebocoran dan penyalahgunaan data pribadi.
Topik pertama yang diluncurkan adalah ‘Pentingnya Perlindungan Data Pribadi di Marketplace untuk mendukung program Gerakan Nasional Literasi Digital’.
“Peluncuran Modul Literasi Digital ini menjadi wujud komitmen Tokopedia untuk membantu meningkatkan literasi digital masyarakat serta talenta digital tanah air. Kami percaya, kolaborasi ini bisa berkontribusi pada upaya digitalisasi dan peningkatan literasi digital Indonesia yang saat ini menjadi target Kemenkominfo RI, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi tanah air,” ujar Leontinus dalam paparannya.
Modul tersebut memuat penjelasan komprehensif perihal perlindungan dan keamanan data pribadi dari para konsumen online marketplace. CfDS dan Tokopedia juga berupaya menekankan pentingnya melindungi data pribadi saat bertransaksi di marketplace, dengan memberikan berbagai studi dan isu kejahatan terhadap data pribadi.
Modul juga dilengkapi dengan penjabaran tentang kebijakan dan peraturan hukum mengenai data pribadi di Indonesia, untuk mendukung tanggung jawab para pengguna dalam melindungi data pribadi mereka saat bertransaksi di marketplace. Termasuk peran aktif marketplace saat menyediakan jaminan perlindungan data pribadi.
Selain memuat tata cara perlindungan data pribadi di marketplace, modul ini turut menyajikan tips dan tricks yang dapat membantu meningkatkan awareness para konsumen online marketplace akan urgensi perlindungan data pribadi.
Anisa Pratita Kirana Mantovani selaku Executive Secretary of Partnership and Research CfDS menyampaikan, “Lewat literasi digital yang mumpuni, dibersamai dengan usaha preventif, adaptif, dan kolaboratif, harapannya para pengguna online marketplace dapat meningkatkan keamanan data pribadi mereka.”
Anisa menekankan dengan kolaborasi dari pihak marketplace, pemerintah, dan pengguna sendiri, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan data pribadi dalam transaksi online sekarang ini.
Modul kolaborasi ini dapat diakses secara bebas untuk mendukung peningkatan literasi digital melalui laman berikut: cfds.fisipol.ugm.ac.id/cfds-tokopedia/