Yogyakarta, 14 September 2022—Center For Digital Society (CfDS) Fisipol UGM menjadi salah satu mitra media dalam acara Indonesia Content Creator Day oleh Hakka Indonesia. Ajang untuk membangkitkan semangat menjadi content creator tersebut digelar paga Rabu (14/9) secara daring via zoom.
Perkembangan media digital menimbulkan berbagai perubahan, khususnya di sektor lapangan kerja. Terbukanya berbagai profesi baru seperti content writer, content creator, social media enterpreneurship, dan lain-lain menjadi kesempatan baru bagi kaum milenial. Hakka Indonesia merupakan salah satu agensi besar yang bergerak di bidang media digital. Hakka Indonesia juga menjadi wadah bagi content creator maupun seller khususnya dalam platform TikTok. “Hakka Indonesia mengadakan program Content Creator Day ini bertujuan untuk semangat teman-teman untuk menjadi the next content creator,” tutur Debra Zuan sebagai pembawa acara.
Content Creator Day ini dihadiri lebih dari 400 mahasiswa dan kalangan umum, serta mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA. “Transformasi digital telah melahirkan sebuah ekosistem baru. Kita harus memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan ekosistem ekonomi digital dalam negeri, dengan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi dan semangat 3G, Gercep, Geber, Gaspol,” ucap Sandiaga dalam video sambutannya.
Selanjutnya, acara ini juga menghadirkan empat pembicara yang berpengalaman di bidang content creator untuk menyampaikan pengalaman dan motivasi. Empat pembicara tersebut antara lain, Indri Setyowati, Prasetya Katon, Natassya Bustaman, dan Riza Pahlevi.
Riza Pahlevi, salah satu content creator terkemuka yang dikenal melalui karyanya, yaitu film pendek ‘Makmum’ menceritakan awal perjalanannya merintis karir. “Film Makmum itu awalnya cuma sebuah proyek kecil sama teman-teman kampus. Kita bahkan dulu alat-alat masih pinjem, tapi setidaknya kita mau memulai,” ujarnya. Ia menekankan bahwa poin utama dalam menjadi content creator adalah berani memulai.
Peserta dalam webinar Hakka Indonesia ini terlihat antusias dan cukup interaktif. Terlebih karena Hakka Indonesia juga memberikan beasiswa dan pelatihan internship kepada pemenang terpilih content creator challenge. Melalui ajang ini, diharapkan muncul generasi-generasi muda yang mampu mewarnai dunia digital dengan konten menarik, edukatif, dan mempunyai daya jual yang tinggi. (/tsy)