• Tentang UGM
  • Pusat IT
  • Perpustakaan
  • Riset
  • WebMail
  • DigiLib Center
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Fisipol
    • Sambutan Dekan
    • Visi dan Misi
    • Struktur Fakultas
    • Sejarah
    • Departemen
      • Departemen Ilmu Hubungan Internasional
      • Departemen Ilmu Komunikasi
      • Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik
      • Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan
      • Departemen Politik dan Pemerintahan
      • Departemen Sosiologi
    • Keterlibatan Internasional
    • Inovasi 4.0
    • Merchandise
      • Katalog Merchandise
      • Hubungi Kami
  • Akademik
    • Program
      • Sarjana (S1)
      • Magister (S2)
      • Doktoral (S3)
      • Immersion
      • International Undergraduate Program (IUP)
    • Sistem Penerimaan
      • Mahasiswa S1
      • Mahasiswa S2
      • Mahasiswa S3
      • Mahasiswa IUP
      • International Students
    • Akademik
      • Kalender
      • Penerimaan
  • Riset dan Publikasi
    • Direktori
    • Unit Riset dan Publikasi
  • Pendukung
    • Unit Pendukung
    • Materi Publikasi
    • Fasilitas
  • Informasi Publik
  • Beranda
  • Berita
  • Mengubah Perilaku Sosial

Mengubah Perilaku Sosial

  • Berita, PUB
  • 20 Oktober 2014, 04.02
  • Oleh: fisipol
  • 0

Ditulis Oleh Derajad Widhyharto

Sosiolog UGM

Sebagian orang menganggap berbelanja di mal serasa menjadi bagian dari masyarakat global, apa yang kita beli sama dengan apa yang dibeli oreng lain di belahan dunia lain pula. Mal telah menaikkan gengsi, menyamakan jenis, selera, rasa dan ukuran kebutuhan manusia.

Hal ini terjadi karena barang-barang yang disediakan di mal adalah barang yang diproduksi manajemen modern dengan dukungan standarisasi dan sertifikasi produse internasional yang cabanganya tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Alasan di atas juga menjadikan barang-barang yang dijual di mal mempunyai barcode  dan berharga pas, berbeda jika kita berbelanja di pasar tradisional, barang yang dijual tanpa barcode dan harga tidak pas, mengingat tidak ada standarisasi, maupun sertifikasi atas barang yang dijual di pasar tradisional. Sehingga, hal itu menimbulkan suara ‘gemregengen” saat terjadinya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli.

Maraknya pembangunan mal telah mengubah perilaku sosial masyarakat. Sbeagai contoh, konsep kenyamanan, kepraktisan dan keamanan yang menjadi prinsip pembangunaan mal telah mengubah konsep konsumsi, belanja sesuai kebutuhan menjadi belanja menunggu diskon. Cara bertrasnsaksinya pun berbeda dari uang cash  manjadi kredit.

Memang tidak ada yang salah dari perubahan tersebut., namun satu hal yang perlu dicatat, bahwa mal telah menegaskan identitas pemisah sekaligus segregasi sosial baru tidak terlihat antara si kaya dan si miskin. (dilansir dari sumber Tribun Jogja (19/10/14), kolom News Analysis halaman 9)

Mengubah Perilaku Sosial

Tags: fisipol fisipolugm ugm

Berita Terbaru

  • Wellness Center Fisipol UGM Kembali Adakan Pemeriksaan Rutin
  • Visitasi Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA Batch 3 di FISIPOL UGM
  • FISIPOL UGM Diskusikan Posisi Demokrasi di Eropa di Tengah Bangkitnya Gerakan Populis
  • FISIPOL UGM Terima Kunjungan Alumni yang Menjadi Duta Besar RI
  • PSdK UGM Gelar Diskusi, Persoalkan Partisipasi Publik dalam Demokrasi
  • Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM, Gelar Diskusi dan Bedah Buku “Social Media and Politics in Southeast Asia
Universitas Gadjah Mada

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur, Yogyakarta 55281, Indonesia
E: fisipol@ugm.ac.id
P: +62(274) 563362
F: +62(274) 551753

Tentang Fisipol

  • Sambutan Dekan
  • Sejarah
  • Struktur Fakultas
  • Visi dan Misi
  • Departemen

Akademik

  • Kalender Akademik
  • Kalender Penerimaan
  • Program
  • Sistem Penerimaan
    • Informasi Publik

Riset Publikasi

  • Pendukung
  • Bookmark
  • Riset dan Publikasi
  • Materi Publikasi

Aktual

  • Berita
  • Agenda Fisipol
  • Informasi Umum
  • Pojok Fisipol
  • Photo Gallery
  • YouTube Channel

INFORMASI PUBLIK

  • Permohonan Informasi Publik
  • Informasi Tersedia Setiap Saat
  • Informasi Wajib Berkala
  • Australia-Indonesia in Conversation (AIC)

© 2018 | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY