Yogyakarta, 6 September 2018—Magang atau internship merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal dan merasakan dunia kerja. Sebagai upaya untuk menyiapkan hal tersebut, FISIPOL UGM melalui Career Deveopment Center (CDC) mengadakan Pembekalan Magang pada mahasiswa semester empat ke atas (6/9) di ruang BA 101. Acara yang bekerja sama dengan Niagahoster ini juga membuka rekrutmen magang on the spot bagi mahasiswa yang tertarik untuk magang di Niagahoster.
Nabila, staff CDC Fisipol menuturkan acara ini sengaja dirancang untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa yang ingin mengambil magang baik untuk mencari pengalaman atau tugas akhir. “Pembekalan ini dilakukan untuk memberi pengetahuan pada mahasiswa terkait apa sih yang perlu disiapkan sebelum magang dan bagaimana berperilaku saat magang”. Kegiatan yang akan dilakukan sebanyak empat kali dalam tahun ini menjadi trobosan baru dari CDC Fisipol untuk mendorong mahasiswa memiliki skill dan kemampuan untuk tahu apa-apa saja yang dibutuhkan untuk masuk kedalam dunia kerja.
Pada acara ini, mahasiswa diajak bersama untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk magang. Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk melakukan role play bagaimana melakukan presentasi di depan pewawancara saat seleksi magang. Hal ini dilakukan agar mahasiswa memiliki gambaran bagaimana seleksi untuk magang itu dilakukan. “Untuk persiapan magang, kalian juga perlu memiliki Personal Branding yang baik. Personal Branding ini untuk memberikan nilai lebih dan meyakinkan orang lain bahwa kamu punya kompetensi yag mereka butuhkan,” Ucap Rheinjani Dora Novelia, People Operation Specialist di PT Web Media Technology (Niagahoster) yang sore itu didapuk sebagai pemateri.
Dora juga menambahkan, Personal Branding diperlukan karena meberikan ciri pembeda antara diri sendiri dengan orang lain. Selain itu, dengan personal branding mahasiswa bisa memaksimalkan potensi karir yang mungkin diraih. Personal Branding juga menurutnya mampu memberi kontrol pada diri sendiri untuk mencapai tujuan dari apa yang kita inginkan. Pada kesempatan tersebut ia juga memberikan beberapa tips dan trik untuk membangun Personal Branding. Dora memisahkan cara membangun Personal Branding menjadi dua tahap, Pra dan Paska.
“Untuk Pra ada tiga hal yang perlu diperhatikan, diantanya; Curriculume Vitae (CV), Porto Folio, dan persiapan interview. Sedangkan untuk paska ada; Komunikasi bisnis, kemampuan presentasi dan adaptivitas,” terang lulusan Psikologi UGM ini. Dora juga menggaris bawahi pentingnya membuat CV yang menarik. Menurutnya CV merupakan representasi diri dari setiap pelamar. “Buatlah CV yang powerfull, karena itu yang pertama kali dilihat,” tegasnya. Selain itu ia juga mendorong mahasiswa untuk bisa membuat porto folio yang menarik. (/Rws)