CDC FISIPOL Bersama Vidio Kenalkan Industri OTT Sebagai Peluang Berkarier Bagi Anak Muda

Yogyakarta, 11 Desember 2025—CDC FISIPOL UGM bersama Vidio mengadakan sesi Career Preparation Class yang dibalut dalam gelar wicara bertajuk “Fight Beyond The Screen: The Future of Media Industry in OTT and inside Pertaruhan The Series”. Acara ini digelar secara luring dengan menghadirkan beberapa narasumber dalam bidang industri kreatif, di antaranya Sutanto Hartono (CEO Vidio), Fajar Martha (Sutradara Pertaruhan The Series 3), serta Sinung Winahyoko (Sutradara Pertaruhan The Series 3).

Gelar wicara ini sekaligus menjadi sarana untuk memperkenalkan industri kreatif dan media digital sebagai pilihan karier di era modern bagi anak muda, termasuk mahasiswa. Terlebih perkembangan industri media digital yang berperan dalam mewujudkan inovasi baru, salah satunya adalah model platform Over The Top (OTT) yang menjangkau hingga skala global. Dalam hal ini, Vidio sebagai salah satu platform OTT lokal terbesar di Indonesia, membagikan visi untuk mendorong ruang berekspresi, kolaborasi, serta inkubasi kreator muda. 

Konteks lokal Indonesia menjadi kunci dalam pengembangan konten media digital dalam platform OTT. Disebutkan bahwa dari 100 judul konten terpopuler dalam platform OTT. 39% di antara judul tersebut merupakan konten lokal asal Indonesia. Ini menjadi peluang baru dalam membuka celah bagi ekosistem industri kreatif, khususnya platform OTT. 

“Nah sekarang jargon utama adalah AI. Nah, kita membuat ini sebagai aspirasi buat teman-teman. Jadi kita membuat AI yang di-support oleh platform Google. Tapi yang menarik adalah yang bikin ini adalah dua orang, dua orang ini bukan animator, tapi adalah engineers. Nah, kita setelah lihat hasil seperti ini, kita excited sekali. Jadi kita benar-benar mau double down. Kita akan invest secara serius, termasuk merekrut animator dan game developer saat itu. Jadi ke depan, kita berharap kita pun nanti akan memproduksi konten-konten dan menggunakan AI supaya kita bisa mengembangkan AI,” terang Sutanto. 

Perkembangan industri kreatif yang dimoderasi dengan teknologi AI membuka banyak peluang sekaligus tantangan. Dorongan untuk terus beradaptasi dengan mencari keterampilan baru menjadi salah satu strategi dalam mengakomodasi tantangan di era kini. Meskipun demikian, dari segala tantangan dalam industri kreatif, salah satu keterampilan komunikasi dasar yang dibutuhkan adalah bercerita. 

“Nah itu (bercerita) adalah ilmu yang sangat universal. Make sure teman-teman mumpung masih di FISIPOL, you learn that skills. Dan itu menjadi satu bakat yang sangat, satu modal untuk nanti teman-teman mengembangkan karier apapun yang teman-teman jalankan,” pungkas Sutanto.