Yogyakarta, 31 Agustus 2020—#BRIWORKMikirBareng Fisipol UGM kembali digelar dengan mengangkat hal yang sedang gencar-gencarnya menjadi current topics sejak berlangsungnya masa bekerja dari rumah, yakni perihal bisnis di masa pandemi. Sesi diskusi yang digelar selama satu jam ini mendatangkan Andy Sugiarto selaku Team Leader Indonesia Mall dan Sulistyorini atau yang akrab disapa Orin selaku owner brand kopi low caffeine, Kopinata. Berlangsungnya masa-masa sulit yang tengah dihadapi, tidak sepenuhnya menjadi penghalang untuk tetap melakukan masa produktif layaknya normal lama. Kondisi yang menuntut manusia dan berbagai sektor kehidupan untuk beradaptasi secara cepat turut mendorong berbagai perubahan sebagai bentuk respon atas tuntutan pandemi. Salah satunya adalah sektor bisnis yang dianggap harus cepat dalam beradaptasi memenuhi kebutuhan pasar.
Melalui diskusi #BRIWORKMikirBareng kali ini, Andy Sugiarto yang diwakili oleh Muhammad Atqia (PIC Indonesia Mall Wilayah Yogyakarta) melakukan sharing terkait Indonesia Mall. Disambung dengan Orin yang bercerita tentang pengalaman bisnisnya menggunakan jasa Indonesia Mall dalam menjual produk kopi lokal di pasar online. Merunut pada keduanya, jalannya diskusi terbilang menarik dengan beberapa bahasan utama yang terangkum dalam sub poin berikut ini:
Yuk, Cari Tahu Perihal Indonesia Mall!
Terbentuk atas kerjasama antara Bank BRI dengan e-commerce, Indonesia Mall memiliki perhatian penting dalam membantu meningkatkan penjualan produk-produk UMKM baik di pasar nasional maupun internasional. Pada dasarnya, Indonesia Mall hadir sebagai salah satu solusi problematika atas masih terdapatnya masalah berjualan online yang dihadapi oleh UMKM, seperti riweuh dalam tidak ada waktu membalas chat customer, gaptek dan tidak suka ribet, sesederhana lupa password akun, atau kurang paham dengan strategi marketing online. Adapun mekanisme kerja yang ditawarkan oleh Indonesia Mall dapat dianggap sangat memudahkan, sebab UKM hanya memiliki kewajiban untuk fokus terhadap jalannya proses produksi produk. Sementara itu, persoalan berbagai foto, deskripsi, pemasaran, chat, diskusi, pengemasan dan pengiriman, hingga pesanan produk tiba kepada konsumen sepenuhnya menjadi pekerjaan Indonesia Mall.
Atas berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Indonesia Mall ini, terdapat beberapa syarat untuk dapat bergabung dalam menjualkan produk UMKM. Pertama, memiliki usaha baik dalam bidang kuliner, fashion, craft, dan health and beauty. Kedua, produk merupakan produk milik sendiri dan bukan berstatus sebagai reseller, agen ataupun distributor. Ketiga, mampu memenuhi stock yang dibutuhkan oleh tim Indonesia Mall untuk branding. Serta, bersedia untuk menjalankan sistem konsinyasi dengan Indonesia Mall. Kepada audience, Tomy mengatakan bahwa untuk belakangan ini, pasar luar negeri dianggap memiliki ketertarikan terhadap produk UMKM kategori fashion, khususnya batik. Tomy berharap agar para pemuda yang hendak melakukan bisnis, dapat mengembangkan produk lokal seperti batik sekaligus sebagai wujud untuk melestarikan kebudayaan Indonesia melalui Indonesia Mall.
Cerita Kopinata: Low Caffeine Coffee Asli Jogja Yang Sukses Dibantu Indonesia Mall
Kopinata milik Sulistyorini (Orin) merupakan produk kopi premium rendah kafein yang berdiri sejak tahun 2016 silam. Bukan hanya melakukan proses produksi kopinata, Orin juga bercerita bahwasanya pihaknya dan tim kopinata juga melakukan kemitraan dengan petani lokal dengan membantu membeli produk-produk pertanian. Orin juga memiliki metode mengolah kopi sendiri, mulai dari menjemur hingga proses packaging produk. Tak hanya itu, kopinata juga diperuntukkan untuk mendukung komunitas parenting serta memiliki basic kegiatan berupa mendistribusikan berbagai produk kopinata, mulai dari kopi arabika, robusta, kopi premium, dan kopi organik. Adapun proses pendistribusian kopinata ini biasanya ditujukan kepada modern store yang meliputi distributor, reseller, e-commerce, dan juga menggunakan jasa Indonesia Mall untuk membantu memasarkan produk kopinata di pasar luar negeri.
Produk kopinata yang dijualkan oleh Indonesia Mall merupakan bentuk kerjasama bisnis B2B, dimana produk dijual dengan harga khusus dengan kuantitas tertentu. Hingga saat ini, Orin mengkonfirmasi bahwasanya produk kopinata yang dibantu oleh Indonesia Mall telah memiliki pangsa, seperti di Singapura, Malaysia, Australia, dan New Zaeland. Penggunaan jasa Indonesia Mall bagi Orin dianggap sangat membantu, utamanya juga terkait dengan proses pengaturan regulasi dalam menjual produk ke pasar luar negeri. Orin menyatakan bahwa pihaknya sangat senang karena tiap bulannya, ia mendapatkan income yang jumlahnya terbilang lumayan sejak bekerjasama dengan Indonesia Mall. “Kami sangat terbantu, serius Indonesia Mall itu keren banget!”, ujar Orin dengan antusias.
Selain karena terbantu dengan kehadiran Indonesia Mall, Orin menyatakan bahwa ia selalu menerapkan kualitas diatas kuantitas. Baginya, kepuasan dan kepercayaan pelanggan merupakan hal utama yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, berbagai pendekatan terhadap konsumen telah banyak dilakukannya, seperti promosi melalui instagram dan mengikuti berbagai pameran kopi baik di dalam negeri dan luar negeri. Terlepas dari hal tersebut, Orin kembali berpesan kepada pekerja bisnis untuk “Tidak pernah patah semangat dalam membangun kepercayaan diri dan produk dengan cara loyal kepada konsumen, jangan pernah malu untuk approach ke penjual lain meskipun masih dalam skala kecil atau lokal, dan jangan lupa gabung Indonesia Mall!” (/Adn).