Yogyakarta, 8 September 2022—Creative Hub Fisipol UGM kembali menghadirkan program Talent Pitching Batch 6. Ajang ini telah mencapai tahap final yang diselenggarakan pada Kamis (8/9) di Digital Library Cafe Fisipol UGM. Telah terpilih 6 tim yang maju ke babak final dan siap mempresentasikan ide bisnis mereka di hadapan dewan juri.
“CHub (Creative Hub) ini kita ada inkubasi tahapan paling awal, di mana teman-teman ini selama tiga bulan kami dampingi secara intensif untuk bisa memvalidasi ide bisnisnya sehingga siap masuk ke market,” tutur Lisa Lindawati selaku Direktur Creative Hub. Ia menekankan bahwa hal terpenting dalam program ini bukanlah kompetisinya, tapi bagaimana ide-ide cemerlang tidak hanya berlandaskan creative thinking saja, namun juga harus dieksekusi dengan tepat.
Terdapat enam tim yang berhasil lolos ke tahap final. Tim pertama, yaitu Salah Jurusan yang merupakan start-up yang menyediakan rangkaian kegiatan pembelajaran, pelatihan, bahkan mentoring bagi mahasiswa yang merasa salah jurusan. Kedua, adalah Pop Seed yang bergerak di bidang tanaman herbal. Ketiga, yakni merupakan penyediaan pembelajaran teknik pertanian bagi kelompok tani. Keempat yaitu Idealogy yang memberikan pelayanan kepada UMKM dalam menciptakan branding. Kelima, adalah Empowerin, sebuah platform penyedia jasa untuk menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat. Terakhir, yaitu Berdaya Kreatif yang menyediakan layanan kelas-kelas digital bagi UMKM Indonesia.
Salah satu ide inovatif yang dipresentasikan adalah Idealogy. “UMKM di Indonesia, sedang bertumbuh-tumbuhnya sebanyak 62 juta UMKM, sedangkan, saat ini kita terkena pandemi dan bertransformasi ke era digital. Sebanyak 160.000 UMKM di Indonesia terdampak pandemi. Kita semua tahu bahwa sebuah usaha harus memiliki branding yang tepat, supaya dapat bersaing di pasar,” jelas perwakilan dari tim Idealogy dalam presentasinya. Idealogy berawal dari ide yang muncul ketika melakukan kunjungan di kelurahan dan menemukan produk-produk UMKM yang dipajang di lemari kaca. Tim Idealogy melihat bahwa produk tersebut sebenarnya memiliki peluang yang besar jika masuk ke pasar. Sayangnya, hal tersebut terhambat karena ketidakmampuan produk untuk mempunyai branding yang baik.
Program Talent Pitching Batch 6 ini dinilai mampu memberikan kesempatan terbaik bagi para alumni, mahasiswa, bahkan mitra Fisipol UGM untuk dapat membangun peluang bisnis baru. Kecemerlangan ide-ide yang berawal dari sebuah kesadaran inilah nantinya dapat mendukung berkembangnya wirausahawan di Indonesia. (/tsy)