Dorong Para Social Entrepreneurs, Creative Hub Fisipol UGM Melangsungkan Final Talent Pitching Batch 8

Yogyakarta, 22 Oktober 2024─Dalam rangka penutupan Program Inkubasi Bisnis Sosial Batch 8, Creative Hub Fisipol UG mengadakan acara Demo Day & Final Talent Pitching Batch 8. Acara ini dilakukan guna mendorong pengembangan ide bisnis dari para wirausahawan sosial (social enterpreneurs).Sebagai ekosistem belajar yang mempertemukan berbagai disiplin, Creative Hub Fisipol UGM berupaya mengelaborasi dan mempertajam gagasan-gagasan kreatif yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan pendekatan strategi dan potensi bisnis, ide kreatif dari para talent tidak hanya berupaya sebagai bisnis saja tetapi juga menyelesaikan masalah sosial yang ada.

“Jadi kami tidak hanya membangun sebuah inkubasi, tapi ingin membangun sebuah ekosistem. Dimana permasalahan-permasalahan sosial dan ekonomi bisa diselesaikan dari usaha teman-teman. Bagaimana mengintegrasikan bisnis dan sosial yang memberi impact, inilah yang ingin di-highlight dari C-HUB,” kata Massageng Widagdhaprasana selaku Ketua Pelaksana Kegiatan dan Pidato Pembukaannya.

Dengan pendekatan transdisipliner, Creative Hub Fisipol hadir untuk menciptakan peluang dari tantangan serta permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini. Peluang tersebut dikembangkan dengan spirit kewirausahaan sosial. Oleh karena itu, Creative Hub Fisipol menghadirkan program inkubator Talent Pitching Batch 8.

Program Talent Pitching merupakan rangkaian akhir dari kegiatan yang telah berlangsung selama 4 bulan, sejak awal bulan Mei hingga September 2024. Dengan melibatkan 20 peserta yang telah mengajukan proposal ide usaha, program ini berhasil menyeleksi menjadi 5 peserta yang telah melalui proses inkubasi. Pada proses inkubasi, peserta akan melalui berbagai tahap mulai dari pendampingan (mentoring) hingga workshop wirausaha sosial yang dikemas secara intensif dalam kurikulum C-Hub.

Menurut Massageng Widagdhaprasana, pada sesi inkubasi tersebut peserta memperoleh pendalaman ide hingga menjadi sebuah produk. Selain itu, peserta juga mendapat bekal pengetahuan terkait kewirausahaan, management, dan inovasi sosial. Hingga pada sesi demo dan presentasi, para peserta diberi kesempatan untuk menjelaskan hasil pengembangan ide bisnis sosial mereka di hadapan para juri sehingga bisa mendapatkan masukan utnuk keberlangsungan usaha mereka.

Melalui Talent Pitching Batch 8, diharapkan masalah sosial dapat diselesaikan dengan pendekatan strategi dan potensi bisnis. Selain itu, program ini juga menjadi manifestasi untuk mewujudkan lapangan kerja yang layak dengan pengembangan kreativitas dan inovasi sumber daya manusia.