Digital Discussion #57: Memahami SEO Content Writing

Yogyakarta, 26 Oktober 2021─Center for Digital Society menyelenggarakan program Digital Discussion #57 bertajuk “SEO Content Writing 101” pada Selasa (26/10) malam. Diskusi yang berlangsung melalui grup Telegram ini mengundang pemantik dari SEO Content Editor Niagahoster, Imas Indra.

Niagahoster merupakan salah satu layanan web hosting terbaik di Indonesia yang sudah melayani 500+ ribu pelanggan untuk go online melalui website. Sederhananya, web hosting adalah platform persewaan server untuk menyimpan data website. Salah satu strategi digital marketing yang dipakai Niagahoster adalah SEO. SEO atau search engine optimization merupakan cara-cara yang dilakukan agar website dan konten-kontennya bisa muncul di halaman #1 Google. “Strategi ini sangat works, mulai dari mendapat traffic jutaan, leads, sales, hingga jadi top of mind di industri perhostingan. Nggak heran juga, sih. Secara umum, 93% dari aktivitas online itu memang dimulai dari Googling. Kalau eksekusinya tepat, SEO juga membantu menaikkan angka conversion rate sampai 14,6%,” ungkap Imas.

Ada banyak cara untuk mengoptimalisasi SEO, yang dapat dikelompokkan menjadi tiga. Pertama, SEO On-page yang fokusnya memperbaiki bagian-bagian di halaman website. Kedua, SEO Off-page yang dilakukan untuk meningkatkan reputasi dan otoritas website. Ketiga, Technical SEO yang dilakukan untuk meningkatkan performa website, terutama dari sisi kecepatan dan keamanannya. 

Penerapan SEO penting dilakukan karena dapat mendatangkan traffic lebih banyak daripada media sosial. Lebih dari separuh traffic website datang dari organic traffic atau SEO. Banyak bisnis yang mengejar halaman #1 di Google karena semakin bawah ranking website, semakin sedikit juga traffic yang didapat. Selain itu, SEO membantu meningkatkan conversions seperti leads, sales, dan lainnya. SEO juga disebut investasi jangka panjang karena promosinya yang praktis. “Soalnya dengan sekali bikin konten SEO, traffic bisa datang sampai berbulan-bulan kemudian. Berbeda dengan promosi medsos, yang mungkin engagement-nya bertahan di hitungan hari aja,” ujar Imas.

Salah satu cara agar bot Google dan pembaca mudah menemukan konten adalah dengan membuat konten SEO friendly. Sementara, langkah pertama menulis artikel SEO friendly yaitu mencari topik umum yang nantinya bisa dipecah menjadi ide konten yang lebih spesifik. Kemudian, lakukan riset keyword atau kata kunci yang dipakai orang untuk mencari konten yang ditulis. Kita bisa menggunakan beberapa tools seperti Ubersuggest dan Ahrefs untuk mencari keyword yang pas. Setelah itu, kita perlu mengecek search intent atau maksud dari kata kunci tersebut di halaman #1 Google dan lakukan riset kompetitor. “Sebelum menulis, kamu perlu tahu dulu bagaimana sainganmu mengeksekusi konten SEO-nya. Jadi, kamu bisa bikin konten yang jauh lebih bagus dan bisa mengungguli mereka. Risetnya gampang kok. Tergantung kata kunci yang disasar, Smart People tinggal cek aja konten-konten yang ada di halaman #1 Google,” tutur Imas. (/Wfr)