Bertempat di Ruang Seminar Timur pada 27 Juni kemarin, Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan kuliah umum. Kuliah umum ini merupakan presentasi dari tugas akhir semester Jurusan Komunikasi dengan mata kuliah Penulisan Naskah Iklan. Acara yang berlangsung selama dua setengah jam sejak Pk 13.30 WIB hingg aPk 16.00 WIB ini berlangsung meriah dengan dipandu oleh pembawa acara, PriliciaDetta, salah satu mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi 2011. Acara tidak hanya dihadiri oleh segmen mahasiswa yang mengikuti matakuliah Penulisan Naskah Iklan saja melainkan hadir juga mahasiswa dari SekolahVokasi, UGM dan mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, FakultasIlmuBudaya, UGM.
Matakuliah yang diampu oleh Pulung Setiosuci Perbawani, S.IP, MM ini mengajak mahasiswa tidak hanya memahami teori tetapi juga paham bagaimana melihat realita barang yang dipromote dan lingkungan target konsumen untuk dieksekusi menjadi sebuah naskah iklan. Pada awal acara, Mbak Pulung, sapaan dosen mata kuliah ini memberikan pengantar urgensi kapasitas mahasiswa dalam menyampaikan tulisan naskahny akepada agency. Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan DamarWijayanti, seorang alumnus Jurusan Ilmu Komunikasi yang sekaran gberkarier di salah satu perusahaan iklan nasional sebagai copywriter.Dalam paparannya, Mbak Damar menyebutkan, “konsep internet dan berjejaringnya masyarakat harus kitagunakan agar iklan yang kita buat lebih dikenal orang”. Selain itu hadir pula Agency Everybody’s Monkey, yakni sebuah perusahaan yang mengiklankan produksi boneka monyet dengan berbagai karakter. Sebelumnya, agency ini telah meminta mahasiswa matakuliah Penulisan Naskah Iklan untuk menulis iklan untuk mempromosikan souvenir boneka monyet yang mereka iklankan.
Acara dilanjutkan dengan setiap kelompok mahasiswa mempresentasikan naskahnya dalam waktu 10 menit. Terdapat 8 kelompok yang semuanya mengusung tema besar mengiklankan boneka monyet kepada public. Mereka diharuskan untuk mengiklankan boneka yang telah diproduksi duabulan yang lalu.Adapun media yang digunakan bolehmelalui media massa diantaranya tv, radio atau internet. Pada intinya mereka harus mengkomunikasikan bahwa boneka monyet ini berbeda dengan boneka yang lain dan itulah mengapa orang- orang harus memilikinya.
“Kelompok-kelompok yang presentasi ini memiliki kesempatan menjadi copywriter karena mereka bertemu langsung dengan agency”, tandas Sandy, panitia acara sekaligus mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang mengikuti matakuliah Penulisan Naskah Iklan. “Sebelumnya selama satu semester ini kami telah mempromosikan berbagai merek mulai dari makanan seperti Cadburry hingga alat kontrasepsi yakni Kondom Sutra”.OPRC.